7 Cara Licik Putra El Chapo Membantu AS Menangkap Gembong Narkotika Legendaris El Mayo

Senin, 29 Juli 2024 - 14:40 WIB
loading...
A A A
Penangkapan tak terduga El Mayo, yang berusia akhir 70-an, dan cara ia tampaknya dikhianati oleh Guzman Lopez, yang berusia sekitar 38 tahun, telah mengguncang dunia perdagangan narkoba Meksiko, memicu kekhawatiran akan keretakan berdarah dalam Kartel Sinaloa antara dua keluarga yang mengendalikan basis kekuatan terbesar kelompok itu.

Zambada dituduh sebagai salah satu pedagang paling berpengaruh dalam sejarah Meksiko, setelah mendirikan Kartel Sinaloa bersama "El Chapo" Guzman, yang diekstradisi ke AS pada tahun 2017 dan menjalani hukuman seumur hidup di penjara keamanan maksimum di Colorado.

Reuters tidak dapat memastikan mengapa Guzman Lopez mengkhianati mitra lama ayahnya, meskipun keempat sumber saat ini dan sebelumnya mengatakan hal itu mungkin karena keinginannya untuk mendapatkan kesepakatan tawar-menawar pembelaan yang lebih menguntungkan dari otoritas AS dan membantu saudaranya, Ovidio, yang ditangkap dan diekstradisi ke Amerika Serikat pada tahun 2023.

Otoritas AS telah menjadikan para bos narkoba sebagai target utama, sering kali membuat kesepakatan tawar-menawar pembelaan dengan mereka sebagai imbalan atas informasi yang mengarah pada penangkapan tokoh kartel tingkat tinggi lainnya.

4. Mengefektifkan Komunikasi Jalur Belakang

7 Cara Licik Putra El Chapo Membantu AS Menangkap Gembong Narkotika Legendaris El Mayo

Foto/EPA

Komunikasi jalur belakang antara pejabat Amerika dan Guzman Lopez dilakukan melalui pengacara, kata pejabat pertama. Jeffrey Lichtman, yang mewakili kedua saudara Guzman, menolak berkomentar.

Zambada, yang berada di kursi roda, mengaku tidak bersalah pada hari Jumat di ruang sidang Texas atas tuduhan narkoba, termasuk melanjutkan usaha kriminal, konspirasi impor narkotika, dan pencucian uang.

Pengacaranya, Frank Perez, mengatakan pada hari Jumat bahwa Zambada tidak datang ke AS secara sukarela. Pada Sabtu malam, Perez mengatakan Guzman Lopez telah "menculik secara paksa" di Meksiko dan membawanya ke Amerika Serikat tanpa persetujuannya.

Guzman Lopez akan hadir di pengadilan minggu depan di Chicago, tempat ia pertama kali didakwa atas tuduhan narkoba sekitar 6 tahun lalu.

Guzman Lopez adalah salah satu dari empat putra El Chapo - yang dikenal sebagai Los Chapitos, atau Little Chapos - yang mewarisi faksi ayah mereka dalam kartel tersebut. Joaquin dan Ovidio memiliki ibu yang sama, sementara dua saudara kandung lainnya – Ivan dan Jesus Alfredo – berasal dari pernikahan pertama El Chapo.


5. Banyak Korban Perdagangan Kartel Narkoba

7 Cara Licik Putra El Chapo Membantu AS Menangkap Gembong Narkotika Legendaris El Mayo

Foto/EPA
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1148 seconds (0.1#10.140)