Siapa yang Bisa Menyabotase Rel Kereta Cepat Prancis? Dari Rusia hingga Ekstrimis Sayap Kiri

Sabtu, 27 Juli 2024 - 22:20 WIB
loading...
A A A
Karena siapa pun yang berada di balik sabotase tersebut tahu persis di mana harus menyebabkan gangguan maksimum. Rusia mungkin tidak memiliki jangkauan seperti itu di pedesaan Prancis.

Pimpinan perusahaan kereta api milik negara SNCF, Jean-Pierre Farandou, mengatakan para penyabotase telah berfokus pada persimpangan yang akan menyebabkan dampak paling serius.

Serangan pembakaran di Courtalain memutus dua jalur kereta api berkecepatan tinggi di jalur Atlantik, satu yang menuju ke barat menuju Brittany dan yang lainnya menuju Bordeaux di barat daya. Serangan di timur melumpuhkan jalur kereta api berkecepatan tinggi ke Metz di satu arah dan Strasbourg di arah lain.

4. Negara Asing yang Tahu Jaringan Kereta Api Prancis

Siapa yang Bisa Menyabotase Rel Kereta Cepat Prancis? Dari Rusia hingga Ekstrimis Sayap Kiri

Foto/EPA

Seorang pakar keamanan Prancis, Romain de Calbiac, mengatakan kepada program Newshour BBC bahwa serangan itu direncanakan dengan sangat baik.

"Pasukan keamanan Prancis dan seluruh komunitas intelijen di sini sangat khawatir bahwa mereka mungkin telah menerima bantuan internal dari orang-orang yang bekerja atau bermitra dengan jaringan kereta api di Prancis," katanya.

"Pilihan lainnya adalah bahwa informasi ini tidak berasal dari sumber internal, tetapi berpotensi dari negara asing yang mengetahui cara kerja jaringan kereta api Prancis."

Awal tahun ini, SNCF menyoroti peningkatan tren serangan terhadap jaringan kereta api dan mengatakan bahwa mereka terus-menerus mewaspadai tindakan sabotase, "terutama menjelang Olimpiade dan Paralimpiade".

Meskipun perusahaan mengatakan telah mendeteksi semua serangan pada sistemnya, mereka hanya dapat mencegah satu serangan yang menyebabkan kerusakan signifikan, dan itu adalah keberuntungan.

"Hari ini seharusnya menjadi pesta," kata Jean-Pierre Farandou. "Semua itu hancur."

5. Iran

Siapa yang Bisa Menyabotase Rel Kereta Cepat Prancis? Dari Rusia hingga Ekstrimis Sayap Kiri

Foto/EPA

Iran telah mengatur serangan sabotase terhadap jaringan kereta api berkecepatan tinggi Prancis, yang melumpuhkan lalu lintas menjelang Olimpiade Musim Panas 2024 di Paris. Tudingan itu diungkapkan Menteri Luar Negeri Israel Israel Katz.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0982 seconds (0.1#10.140)