Siapa yang Bisa Menyabotase Rel Kereta Cepat Prancis? Dari Rusia hingga Ekstrimis Sayap Kiri

Sabtu, 27 Juli 2024 - 22:20 WIB
loading...
Siapa yang Bisa Menyabotase...
Prancis memiliki banyak tersangka tentang dalang pihak yang mensabotase rel kereta cepat Prancis. Foto/EPA
A A A
PARIS - Bagi Menteri Dalam Negeri Prancis Gérald Darmanin - orang yang bertugas mengamankan Olimpiade Paris - serangan sabotase pada jaringan rel kereta cepat akan menjadi pukulan telak.

Ia telah berjanji bahwa semua penyerang akan segera ditangkap, tetapi sejauh ini ia belum menyebutkan siapa yang mungkin harus disalahkan.

Menteri Olahraga Amélie Oudéa-Castéra berjanji bahwa para pelaku tidak akan merusak pesta, tetapi mereka menyerang jaringan TGV beberapa jam sebelum upacara pembukaan - menyebabkan kekacauan bagi para pelancong dan mengungkap kerentanan simbol kecakapan teknis Prancis.

Perdana Menteri sementara Gabriel Attal telah menyarankan agar berhati-hati dalam mengambil kesimpulan, tetapi mengatakan bahwa mereka yang berada di balik serangan itu jelas memiliki pemahaman yang baik tentang apa yang akan menyebabkan kerusakan paling besar.

Kecurigaan langsung jatuh pada radikal ultra-kiri, dari sumber keamanan yang memberi pengarahan kepada media Prancis, tetapi belum ada yang mengaku bertanggung jawab.

Siapa yang Bisa Menyabotase Rel Kereta Cepat Prancis? Dari Rusia hingga Ekstrimis Sayap Kiri

1. Ekstrimis Sayap Kiri

Siapa yang Bisa Menyabotase Rel Kereta Cepat Prancis? Dari Rusia hingga Ekstrimis Sayap Kiri

Foto/EPA

Melansir BBC, sejauh ini yang kita ketahui adalah bahwa metode yang digunakan untuk membakar serat optik penting dan kabel lainnya di saluran sepanjang jaringan rel pada dini hari Jumat mengingatkan kita pada serangan sebelumnya oleh kelompok ekstrem kiri.

Ketika saluran kabel dibakar di samping jalur kereta api dekat Hamburg di Jerman September lalu, sebuah klaim anonim muncul di situs web sayap kiri yang mengutuk "infrastruktur kapitalis". Tentu saja itu tidak meyakinkan, karena sifat serangan Prancis yang luas menunjukkan adanya koordinasi di empat wilayah berbeda yang biasanya tidak dikaitkan dengan kelompok ekstrem kiri.

Namun, siapa pun yang menargetkan jalur kereta api yang membentang dari Paris pada dini hari tanggal 26 Juli, jelas bahwa mereka mengincar Olimpiade.

Arteri TGV besar di utara, timur, dan barat semuanya tersumbat dan jalur berkecepatan tinggi di tenggara juga akan terhenti, jika saja kru teknisi yang waspada tidak sengaja melihat sekelompok penyabot di dalam "mobil van".

Pasukan regional mengumpulkan bukti di bawah komando keseluruhan polisi nasional, polisi nasional, serta SDAT antiteroris. Harapan terbesar mereka mungkin adalah melacak para penyabot yang gagal yang melarikan diri dari lokasi kejadian di dekat Vergigny, tampaknya meninggalkan alat pembakar mereka yang masih utuh. Sebelumnya telah terjadi serangan terhadap jalur kereta api Prancis, termasuk satu serangan pada Januari 2023 di sebelah timur Paris.

Insiden lain baru saja muncul pada awal Mei 2024, di jalur kereta cepat di selatan, tepat di luar Aix-en Provence.

Serangan itulah yang paling mirip dengan sabotase hari Jumat, karena dilaporkan terjadi pada hari api Olimpiade tiba dengan kapal di pelabuhan selatan Marseille. Sejauh ini tampaknya belum ada penangkapan yang dilakukan.

Meskipun itu adalah upaya yang gagal, yang dilaporkan melibatkan bom bensin darurat, dinas keamanan Prancis akan menyelidiki kemungkinan adanya hubungan dengan serangan itu.

2. Kelompok Teror ISIS

Siapa yang Bisa Menyabotase Rel Kereta Cepat Prancis? Dari Rusia hingga Ekstrimis Sayap Kiri

Foto/EPA

Awal tahun ini, menteri dalam negeri memperingatkan adanya ancaman "eksternal" yang sangat tinggi, yang berpotensi seperti serangan jihadis yang dilakukan di Balai Kota Crocus di Moskow pada bulan Maret.

Prancis telah menjadi korban dalam beberapa tahun terakhir dari gelombang serangan jihadis yang mematikan, tetapi tidak ada yang menyerupai tindakan sabotase yang dilakukan pada jaringan kereta api. Insiden hari Jumat menyebabkan kesengsaraan bagi ratusan ribu pelancong, tetapi tidak ada pertumpahan darah.

Kecurigaan pasti akan jatuh pada Rusia juga, sebuah negara yang sedang dilanda invasi besar-besaran terhadap tetangganya Ukraina, dan negara yang telah terlibat dalam kampanye disinformasi tingkat tinggi terhadap Prancis. Akun media sosial pro-Kremlin telah membagikan video yang menjelek-jelekkan Olimpiade Paris, mengejek kualitas air di Sungai Seine, dan menyerang Presiden Emmanuel Macron serta Wali Kota Paris Anne Hidalgo.

Macron dibenci di Moskow karena dukungannya yang blak-blakan terhadap Ukraina.

3. Rusia

Siapa yang Bisa Menyabotase Rel Kereta Cepat Prancis? Dari Rusia hingga Ekstrimis Sayap Kiri

Foto/EPA

Meskipun Rusia selalu membantah adanya campur tangan, pejabat Prancis mencurigai campur tangan Moskow dalam serangkaian insiden baru-baru ini yang bertujuan untuk mengganggu stabilitas ibu kota Prancis. Mulai dari coretan tangan merah di Monumen Holocaust hingga grafiti di gedung-gedung yang menunjukkan balkon mereka akan runtuh.

Baru minggu ini, seorang Rusia ditangkap di Paris atas dugaan berencana untuk mengatur tindakan "destabilisasi, campur tangan, dan mata-mata". Kremlin mengatakan laporan media tentang pria itu "cukup aneh" tetapi mengatakan belum diberitahu secara langsung.

Namun, tidak satu pun dari hal tersebut yang secara khusus melibatkan Rusia dalam serangan terkoordinasi pada hari Jumat terhadap apa yang disebut oleh Perdana Menteri sementara Gabriel Attal sebagai "pusat-pusat saraf" pada jaringan kereta api berkecepatan tinggi Prancis.

Karena siapa pun yang berada di balik sabotase tersebut tahu persis di mana harus menyebabkan gangguan maksimum. Rusia mungkin tidak memiliki jangkauan seperti itu di pedesaan Prancis.

Pimpinan perusahaan kereta api milik negara SNCF, Jean-Pierre Farandou, mengatakan para penyabotase telah berfokus pada persimpangan yang akan menyebabkan dampak paling serius.

Serangan pembakaran di Courtalain memutus dua jalur kereta api berkecepatan tinggi di jalur Atlantik, satu yang menuju ke barat menuju Brittany dan yang lainnya menuju Bordeaux di barat daya. Serangan di timur melumpuhkan jalur kereta api berkecepatan tinggi ke Metz di satu arah dan Strasbourg di arah lain.

4. Negara Asing yang Tahu Jaringan Kereta Api Prancis

Siapa yang Bisa Menyabotase Rel Kereta Cepat Prancis? Dari Rusia hingga Ekstrimis Sayap Kiri

Foto/EPA

Seorang pakar keamanan Prancis, Romain de Calbiac, mengatakan kepada program Newshour BBC bahwa serangan itu direncanakan dengan sangat baik.

"Pasukan keamanan Prancis dan seluruh komunitas intelijen di sini sangat khawatir bahwa mereka mungkin telah menerima bantuan internal dari orang-orang yang bekerja atau bermitra dengan jaringan kereta api di Prancis," katanya.

"Pilihan lainnya adalah bahwa informasi ini tidak berasal dari sumber internal, tetapi berpotensi dari negara asing yang mengetahui cara kerja jaringan kereta api Prancis."

Awal tahun ini, SNCF menyoroti peningkatan tren serangan terhadap jaringan kereta api dan mengatakan bahwa mereka terus-menerus mewaspadai tindakan sabotase, "terutama menjelang Olimpiade dan Paralimpiade".

Meskipun perusahaan mengatakan telah mendeteksi semua serangan pada sistemnya, mereka hanya dapat mencegah satu serangan yang menyebabkan kerusakan signifikan, dan itu adalah keberuntungan.

"Hari ini seharusnya menjadi pesta," kata Jean-Pierre Farandou. "Semua itu hancur."

5. Iran

Siapa yang Bisa Menyabotase Rel Kereta Cepat Prancis? Dari Rusia hingga Ekstrimis Sayap Kiri

Foto/EPA

Iran telah mengatur serangan sabotase terhadap jaringan kereta api berkecepatan tinggi Prancis, yang melumpuhkan lalu lintas menjelang Olimpiade Musim Panas 2024 di Paris. Tudingan itu diungkapkan Menteri Luar Negeri Israel Israel Katz.

“Sabotase infrastruktur kereta api di seluruh Prancis menjelang Olimpiade Paris 2024 direncanakan dan dilaksanakan di bawah pengaruh poros kejahatan Iran dan Islam radikal,” tulis Katz di X (sebelumnya Twitter), dilansir RT.

Katz menambahkan bahwa ia memperingatkan Menteri Luar Negeri Prancis Stephane Sejourne bahwa “berdasarkan informasi yang dimiliki oleh Israel, Iran merencanakan serangan teroris terhadap delegasi Israel dan semua peserta Olimpiade.”

“Peningkatan tindakan pencegahan harus dilakukan untuk menggagalkan rencana mereka,” tulisnya.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1212 seconds (0.1#10.140)