AS Jual Senjata Senilai Rp45,5 Triliun kepada Arab Saudi

Kamis, 25 Juli 2024 - 16:15 WIB
loading...
A A A
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken pada hari Rabu mengatakan AS dan Arab Saudi sangat dekat untuk menyelesaikan serangkaian perjanjian tentang energi nuklir, kerja sama keamanan dan pertahanan, komponen bilateral dari kesepakatan normalisasi yang lebih luas antara Riyadh dan Israel.

Prospek kesepakatan normalisasi antara Israel dan Arab Saudi mungkin bergantung pada kesediaan Israel untuk menerima status negara Palestina sebagai tujuan jangka panjang dan memulai beberapa jalur untuk mencapainya, sebuah langkah yang ditolak oleh Perdana Menteri Netanyahu.

Namun, hal ini tidak menghentikan AS untuk mencoba memajukan inisiatif tersebut. Ini merupakan agenda utama selama pertemuan baru-baru ini antara Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan dan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman.

Beberapa pejabat Biden telah menyatakan bahwa AS kehabisan waktu untuk mengamankan kesepakatan sebelum pemilihan presiden 2024 dan bahwa pemerintahan tersebut hampir mencapai titik di mana ia akan memilih untuk secara terbuka menyampaikan inisiatif diplomatik dan memaksa Netanyahu untuk membuat keputusan.

Kesepakatan antara Israel dan Arab Saudi telah lama diharapkan tahun lalu, hingga kelompok teror Palestina Hamas menyerang Israel pada 7 Oktober, yang memicu perang antara Israel dan Hamas yang masih berlangsung hingga saat ini.

(ahm)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1079 seconds (0.1#10.140)