Antisipasi Perang dengan Rusia, 7 Negara-negara Eropa Mulai Laksanakan Wajib Militer

Kamis, 25 Juli 2024 - 21:45 WIB
loading...
Antisipasi Perang dengan...
Banyak negara Eropa mulai melaksanakan wajib militer. Foto/EPA
A A A
LONDON - Sebelum Rusia melancarkan invasi besar-besaran ke Ukraina, banyak pihak, termasuk Kyiv, yang skeptis bahwa perang besar akan kembali terjadi di Eropa. Lebih dari dua tahun kemudian, perubahan lain yang sebelumnya tidak terpikirkan sedang terjadi dalam hal wajib militer.

Beberapa negara Eropa telah memperkenalkan kembali atau memperluas wajib militer di tengah meningkatnya ancaman Moskow, sebagai bagian dari serangkaian kebijakan yang bertujuan untuk meningkatkan pertahanan yang kemungkinan akan ditingkatkan lebih jauh lagi.

“Kami menyadari bahwa kami mungkin harus menyesuaikan cara kami memobilisasi perang dan menyesuaikan cara kami memproduksi peralatan militer serta merekrut dan melatih personel,” kata Robert Hamilton, kepala penelitian Eurasia di Foreign Policy Research Institute, yang menjabat sebagai perwira Angkatan Darat AS selama 30 tahun, dilansir CNN.

“Sungguh tragis bahwa kita berada di sini, pada tahun 2024, dan kita bergulat dengan pertanyaan tentang bagaimana memobilisasi jutaan orang agar berpotensi terjerumus ke dalam penggiling daging akibat perang, namun di sinilah Rusia menempatkan kita,” katanya.

Risiko terjadinya perang yang lebih besar di Eropa semakin meningkat setelah Presiden Rusia Vladimir Putin “akhirnya melakukan konflik terbuka” di Ukraina, demi mencapai tujuannya untuk “menciptakan kembali kekaisaran Soviet,” kata Jenderal Wesley Clark (Purn), yang menjabat sebagai Panglima Tertinggi Sekutu NATO Eropa.

“Jadi sekarang kita menghadapi perang di Eropa yang tidak pernah terpikir akan terjadi lagi,” kata Clark, yang memimpin pasukan NATO selama Perang Kosovo. “Apakah ini merupakan Perang Dingin yang baru atau perang panas yang sedang terjadi masih belum jelas,” lanjutnya, namun “ini adalah peringatan yang sangat mendesak bagi NATO bahwa kita harus membangun kembali pertahanan kita.” Upaya-upaya itu termasuk wajib militer, katanya.

Kembalinya wajib militer menggarisbawahi kenyataan baru
Sejumlah negara Eropa menghentikan wajib militer setelah berakhirnya Perang Dingin, namun beberapa negara – khususnya di Skandinavia dan Baltik – telah menerapkan kembali wajib militer dalam beberapa tahun terakhir, sebagian besar karena ancaman Rusia. Kegagalan untuk mendaftar dapat mengakibatkan denda atau bahkan hukuman penjara di beberapa negara.

Antisipasi Perang dengan Rusia, 7 Negara-negara Eropa Mulai Laksanakan Wajib Militer

1. Latvia

Antisipasi Perang dengan Rusia, 7 Negara-negara Eropa Mulai Laksanakan Wajib Militer

Foto/EPA

Latvia adalah negara terbaru yang menerapkan wajib militer. Wajib militer diberlakukan kembali pada tanggal 1 Januari tahun ini, setelah dihapuskan pada tahun 2006. Warga negara laki-laki akan mengikuti wajib militer dalam waktu 12 bulan setelah mencapai usia 18 tahun, atau kelulusan bagi mereka yang masih dalam sistem pendidikan.

“Awalnya ada banyak penolakan,” kata Arturs Pīlācis, seorang siswa berusia 20 tahun. Dia belum mengikuti wajib militer tetapi secara sukarela mengikuti kursus militer selama sebulan.

Namun pada akhirnya, “kebutuhan akan layanan pertahanan negara sudah jelas,” katanya. “Sebenarnya tidak ada pilihan di mana kita bisa berdiam diri dan berpikir bahwa segala sesuatunya akan berjalan seperti sebelumnya karena agresi yang tidak beralasan di Ukraina.”

2. Norwegia

Antisipasi Perang dengan Rusia, 7 Negara-negara Eropa Mulai Laksanakan Wajib Militer

Foto/EPA
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1546 seconds (0.1#10.140)