Jerman Bentuk Grup Krisis jika Trump Kembali Berkuasa

Selasa, 23 Juli 2024 - 19:01 WIB
loading...
Jerman Bentuk Grup Krisis...
Calon Presiden Donald Trump. Foto/EPA-EFE/ALLISON DINNER
A A A
BERLIN - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Jerman telah membentuk “semacam kelompok krisis informal” untuk mempersiapkan kemungkinan kembalinya kandidat terdepan dari Partai Republik dan mantan Presiden AS Donald Trump ke Gedung Putih, Financial Times melaporkan.

Menurut surat kabar Inggris tersebut, Berlin merasa semakin terisolasi, khawatir kepresidenan Trump dapat membahayakan perekonomiannya yang berorientasi ekspor, serta menarik perhatian NATO.

Dalam postingan di X pada Minggu, Presiden AS Joe Biden mengumumkan dia tidak akan mencalonkan diri kembali pada tanggal 5 November.

Politisi veteran berusia 81 tahun itu menghadapi tekanan yang semakin besar dari dalam Partai Demokrat untuk mundur setelah kinerjanya yang ceroboh selama debat bulan lalu melawan Trump.

Dalam artikel pada Senin, FT mengklaim, “Para diplomat sedang berjuang mempersiapkan satu skenario… yang menimbulkan kegelisahan mendalam di Berlin.”

Para pejabat Jerman dilaporkan khawatir Trump, jika terpilih, akan mengadopsi kebijakan ekonomi yang lebih proteksionis dibandingkan pada masa jabatan pertamanya.

Ancaman kandidat utama Partai Republik untuk mengenakan tarif 10% pada semua impor sangat meresahkan Berlin, menurut artikel tersebut.

Ketakutan ini semakin kuat ketika Trump menunjuk J.D. Vance sebagai calon wakil presidennya pekan lalu.
Vance merupakan politisi yang diyakini lebih isolasionis dibandingkan Trump, FT melaporkan.

Menurut media tersebut, satu unit di Kementerian Perekonomian Jerman telah berupaya memprediksi dampak kemungkinan kembalinya Trump terhadap perekonomian negara tersebut.

Penyebab kekhawatiran utama lainnya di Berlin, menurut FT, adalah prospek pemerintahan Trump yang mengurangi kontribusi Amerika Serikat terhadap NATO, serta dukungan militernya terhadap Ukraina.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1230 seconds (0.1#10.140)