Ini Penyebab Joe Biden Mundur dari Pilpres AS

Senin, 22 Juli 2024 - 08:47 WIB
loading...
Ini Penyebab Joe Biden...
Presiden Joe Biden mundur dari ajang pemilihan presiden (pilpres) Amerika Serikat yang digelar 5 November mendatang. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Presiden Joe Biden telah mundur dari pertarungan pemilihan presiden (pilpres) Amerika Serikat (AS). Salah satu penyebabnya adalah besarnya desakan dari para pemilih Partai Demokrat agar dia mundur sebagai calon presiden partai tersebut.

Keputusan dramatis Joe Biden yang diumumkan hari Minggu waktu AS tersebut telah mengacaukan pilpres AS 2024 dan memicu pergulatan sengit menuju hari pemungutan suara.

“Merupakan kehormatan terbesar dalam hidup saya untuk melayani sebagai Presiden Anda,” tulis Biden dalam surat yang di-posting di X sebelum pukul 14.00 siang pada hari Minggu, seperti dikutip dari TIME, Senin (22/7/2024).



"Meskipun saya berniat untuk mencalonkan diri kembali, saya yakin ini demi kepentingan terbaik partai saya dan negara jika saya mundur dan fokus hanya pada memenuhi tugas saya sebagai Presiden selama sisa masa jabatan saya.”

Dalam postingan terpisah yang dikeluarkan beberapa menit kemudian, Biden memberikan dukungannya kepada Wakil Presiden Kamala Harris untuk menjadi calon presiden dari Partai Demokrat.

Debat capres 27 Juni melawan capres Partai Republik Donald Trump telah memperdalam pertanyaan tentang ketajaman mental Presiden Biden dan kemampuannya untuk berkampanye dan memerintah AS.

Sejak itu, puluhan pejabat terpilih di Partai Demokrat telah mendesak Biden (81) untuk mundur sebagai capres.

Biden dengan keras kepala menentang seruan tersebut, marah terhadap pemberontakan tersebut dan bertekad untuk terus maju. Dia yakin 100 persen mampu sampai akhirnya dia memilih mundur dari pilpres AS 2024.

Keputusan bersejarah ini menjadikan Biden presiden pertama yang membatalkan kampanye pemilihannya kembali dalam lebih dari setengah abad. Sebelumnya, Presiden Lyndon Johnson mengumumkan pada bulan Maret 1968 bahwa dia tidak akan menerima pencalonan Partai Demokrat di tengah ketidaksetujuannya atas penanganannya terhadap Perang Vietnam.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1546 seconds (0.1#10.140)