Apa Itu Senjata Kiamat, yang Bakal Digunakan Israel untuk Melawan Seluruh Negara Timur Tengah

Jum'at, 05 Juli 2024 - 11:39 WIB
loading...
A A A
Jet Israel juga dapat menembakkan rudal jelajah Popeye untuk serangan jarak dekat.

Israel telah mengembangkan beberapa rudal balistik yang diluncurkan dari udara, beberapa di antaranya digunakan dalam serangan terhadap Iran tengah pada bulan April.

Namun, tidak jelas apakah Israel memiliki rudal balistik yang diluncurkan dari udara dan dilengkapi hulu ledak nuklir.

“Tantangan utama untuk membuat rudal berkemampuan nuklir adalah kemampuan Israel untuk memperkecil hulu ledak nuklir dibandingkan dengan seberapa berat hulu ledak yang dapat dibawa oleh rudal tertentu,” kata Roblin.

“Jadi, senjata yang mendukung hulu ledak lebih besar lebih mudah untuk dikonversi.”

IAF dilaporkan telah memiliki bom gravitasi nuklir sejak tahun 1973.

Roblin menunjukkan bahwa AS telah "menginvestasikan miliaran dolar" untuk mengubah bom nuklir B61 menjadi penghancur bunker nuklir. Dia menduga Israel bisa saja melakukan proyek serupa.

“Jika Israel memiliki niatan serangan yang lebih ambisius terhadap senjata nuklirnya yang berbasis di udara, dengan harapan bahwa senjata tersebut dapat digunakan untuk menghancurkan silo dan tempat penyimpanan rudal nuklir musuh, maka mungkin Israel secara diam-diam telah mengembangkan B61 baru yang setara dengan milik Amerika, katakanlah yang berbasis di sekitar perlengkapan bom luncur SPICE," kata Roblin.

Meskipun luas untuk ukuran negara Israel, Bohl menyoroti beberapa keterbatasan dari triad Israel, dan mencatat bahwa kekuatan sebenarnya Israel terletak pada dukungan Washington.

“Keterbatasan Israel antara lain adalah persenjataannya yang relatif terbatas dan sistem penempatan di luar kawasan yang lebih terbatas,” kata Bohl.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0837 seconds (0.1#10.140)