Apa Itu Senjata Kiamat, yang Bakal Digunakan Israel untuk Melawan Seluruh Negara Timur Tengah

Jum'at, 05 Juli 2024 - 11:39 WIB
loading...
Apa Itu Senjata Kiamat, yang Bakal Digunakan Israel untuk Melawan Seluruh Negara Timur Tengah
Pejabat Israel sesumbar negaranya siap berperang melawan seluruh negara Timur Tengah karena memiliki dan mampu menggunakan senjata kiamat. Foto/Kementerian Pertahanan Israel
A A A
TEL AVIV - Ketua Dewan Pekerja Industri Dirgantara Israel (IAI) Yair Katz telah sesumbar bahwa negaranya siap berperang melawan seluruh negara Timur Tengah.

Dia mengeklaim militer Zionis mampu dan akan menggunakan senjata kiamat jika perang seperti itu benar-benar terjadi.

“Jika kami memahami bahwa ada bahaya yang nyata di sini, dan bahwa Iran, Yaman, Suriah, Irak, dan semua negara di Timur Tengah memutuskan bahwa inilah saatnya untuk melawan kami, saya memahami bahwa kami memiliki kemampuan untuk menggunakan senjata kiamat," katanya dalam sebuah acara di Yehud-Monosson, Sabtu lalu.

“Amerika, Inggris, dan Jerman membantu kami dengan intelijen. Mereka memberi tahu kami jika ada tindakan yang mungkin membahayakan kami," lanjut Katz.



Apa itu sejata kiamat yang dimaksud Katz? Analisis Business Insider menyimpulkan bahwa itu adalah isyarat untuk senjata nuklir yang selama ini tidak diakui maupun dibantah kepemilikannya oleh Israel.

Katz maupun IAI tidak mempunyai komando dan kendali apa pun atas senjata nuklir.

Namun penggunaan kata "kemampuan" olehnya merupakan pengingat bahwa Israel memiliki sistem pengiriman senjata nuklir berbasis darat, udara, dan laut. Dengan kata lain, triad nuklir yang lengkap.

Ada delapan negara di dunia yang menyatakan memiliki persenjataan nuklir, empat di antaranya—Amerika Serikat, China, India, dan Rusia—memiliki triad nuklir yang lengkap.

Pakistan mempunyai triad parsial, menjadikannya berada di urutan kelima. Triad Israel mempunyai beberapa perbedaan dan keterbatasan yang menonjol dibandingkan dengan yang lainnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1311 seconds (0.1#10.140)
pixels