Vladimir Putin Umumkan Rusia Bersiap Produksi Rudal Terlarang

Jum'at, 05 Juli 2024 - 08:56 WIB
loading...
Vladimir Putin Umumkan Rusia Bersiap Produksi Rudal Terlarang
Presiden Vladimir Putin umumkan Rusia bersiap untuk memproduksi rudal yang sebelumnya dilarang oleh Perjanjian INF. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin pada Kamis mengumumkan bahwa industri pertahanan negaranya bersiap untuk mulai memproduksi rudal jarak menengah dan jarak pendek yang dilarang berdasarkan perjanjian dengan Amerika Serikat (AS).

Menurut Putin, perjanjian tersebut; Intermediate-Range Nuclear Forces (INF) Treaty, sekarang sudah tidak berlaku lagi.

Perjanjian INF era Perang Dingin telah melarang produksi dan pengerahan sistem rudal-rudal tersebut, tetapi AS telah menarik diri dari perjanjian itu pada tahun 2019.

Moskow sebelumnya memilih untuk mempertahankan larangan tersebut selama Washington juga mematuhinya.

“Seperti yang saya katakan, sehubungan dengan penarikan AS dari perjanjian ini dan pengumuman bahwa mereka akan memulai produksi, kami juga menganggap diri kami berhak untuk memulai penelitian, pengembangan, dan di masa depan, produksi,” kata Putin dalam konferensi pers setelah KTT Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO) di Astana, Kazakhstan.



“Kami sedang melakukan R&D (peneletian dan pengembangan) ini, dan kami siap memulai produksi. Pada prinsipnya, kami telah memberikan instruksi yang relevan kepada industri kami,” papar Putin, seperti dikutip dari Russia Today, Jumat (5/7/2024).

Putin menyebutkan dalam pertemuan Dewan Keamanan Nasional di Moskow pekan lalu tentang kemungkinan bahwa Rusia akan melanjutkan produksi sistem rudal yang sebelumnya dilarang, dengan alasan “tindakan permusuhan” AS.

“Kita sekarang tahu bahwa AS tidak hanya memproduksi sistem rudal ini, namun juga membawanya ke Eropa, Denmark, untuk digunakan dalam latihan. Belum lama ini dikabarkan mereka berada di Filipina,” kata Putin saat itu.

Menurutnya, tindakan Washington membuat Moskow tidak punya pilihan selain menghidupkan kembali program rudal jarak menengah dan jarak pendeknya."Program tersebut akan dikerahkan berdasarkan situasi aktual, jika diperlukan," katanya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1567 seconds (0.1#10.140)
pixels