Siapa Keir Starmer? Calon PM Inggris Mendatang yang Dikenal sebagai Vegetarian dan Fans Arsenal

Kamis, 04 Juli 2024 - 17:40 WIB
loading...
A A A
Upaya untuk mendapatkan jabatan tersebut telah menyebabkan beberapa perubahan besar yang menyimpang dari 10 janji tersebut, mulai dari Brexit dan biaya kuliah hingga jaminan sosial dan tunjangan anak. Dia kejam tanpa malu-malu, kata Baldwin, dan para kritikus menuduhnya melakukan pemecatan secara tidak adil terhadap anggota parlemen sayap kiri.

Meskipun Starmer memiliki keunggulan besar, banyak pakar yang menggunakan pepatah politik lama untuk menggambarkan pendekatannya yang hati-hati, menjadikannya sebagai orang yang takut menjatuhkan vas Ming yang tak ternilai harganya. Dan banyak kritikus yang mengecamnya karena terlalu berhati-hati dalam segala hal mulai dari pajak hingga terlalu lambat dalam mendukung gencatan senjata di Gaza.

6. Pendukung Arsenal

Dia adalah seorang fanatik sepak bola pendukung Arsenal yang masih menikmati segelas bir di antara penduduk setempat di The Pineapple, sebuah pub antik yang dibangun pada tahun 1868 di Kentish Town yang makmur di London utara. Istrinya, Victoria, 61, menjalani pendidikan sebagai pengacara dan sekarang bekerja untuk NHS. Tidak biasanya low profile, dia tidak pernah memberikan wawancara. Dan bersama-sama mereka memiliki seorang putra dan putri remaja, yang menurut buku Baldwin, mengolok-olok ayah mereka saat sarapan sebelum sekolah dimulai.

Namun karakter ini belum berhasil bagi banyak pemilih.

Penelusuran yang dilakukan oleh lembaga jajak pendapat YouGov menemukan bahwa lebih banyak orang yang memiliki opini negatif dibandingkan positif tentang Starmer dalam hal ketegasan, kepercayaan, dan kesukaan.

Bakat politik mungkin telah dilatih dalam dirinya di ruang sidang, di mana kasus yang dipimpin hakim dimenangkan berdasarkan bukti, bukan pesona, saran Baldwin dan lainnya. Bagaimanapun juga, setelah masa-masa sulit pada masa pemerintahan Johnson-Corbyn, Inggris bisa saja melakukan sejumlah kompetensi yang membosankan, menurut pendapat yang lain.

Entah itu benar atau tidak, yang pasti sebagian besar suara pada hari Kamis ini tidak akan didorong oleh kecintaan terhadap Starmerisme, melainkan oleh penolakan terhadap Partai Konservatif yang secara historis tidak populer.

Empat belas tahun kekuasaannya telah berakhir tidak hanya di negara yang dalam banyak hal merasa hancur, namun juga di negara yang terkenal dengan skandal dan kesalahan langkahnya dibandingkan dengan pencapaian kebijakannya yang menonjol.

Persamaan yang jelas terlihat antara Starmer dan Tony Blair, mantan pengacara berhaluan tengah yang memimpin Inggris keluar dari kelesuan pada tahun 1990an dan memenangkan kemenangan telak bersejarah bagi Partai Buruh.

Iain Duncan Smith, yang memimpin Partai Konservatif dari tahun 2001 hingga 2003 dan merupakan salah satu rekan tanding utama Blair, sangat tidak setuju.

“Starmer adalah sosok abu-abu yang seolah-olah bisa menjadi apa saja dan kapan saja, tergantung ke arah mana angin bertiup,” ujarnya. “Orang-orang yang saya hormati dan ingat adalah mereka yang benar-benar mengubah cuaca: Salah satunya adalah Tony Blair.”
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1194 seconds (0.1#10.140)