Ketegangan di Laut China Selatan Memanas, Sentimen Anti-China Meningkat di Filipina

Kamis, 04 Juli 2024 - 09:01 WIB
loading...
Ketegangan di Laut China Selatan Memanas, Sentimen Anti-China Meningkat di Filipina
Coast Guard China dan Angkatan Laut Filipina bentrok di Second Thomas Shoal, Laut China Selatan. Ini memicu meningkatnya sentimen anti-China di Filipina. Foto/AL Filipina
A A A
MANILA - Ketegangan terkait sengketa wilayah Laut China Selatan antara Beijing dan Manila semakin memanas. Kondisi itu ikut memicu meningkatnya sentimen anti-China di Filipina.

Komunitas etnis China atau Tionghoa yang tinggal di Filipina mulai dilanda ketakutan. Mereka khawatir bisa menjadi sasaran kemarahan masyarakat pribumi, walau kewarganegaraan mereka pun sebenarnya Filipina, bukan China.

Kekhawatiran mereka menjadi semakin kuat, terutama sejak ketegangan perihal sengketa Second Thomas Shoal di Laut China Selatan.

Menurut laporan South China Morning Post (SCMP) dan The Hong Kong Post pada Kamis (4/7/2024), meningkatnya sentimen anti-China juga telah memicu gelombang Sinofobia yang saat ini terlihat menyebar ke komunitas etnis Tionghoa lokal di Filipina.

Filipina adalah rumah bagi 1,2 juta etnis Tionghoa yang sering dikenal sebagai Tsinoy. Dari total populasi etnis Tionghoa di negara Asia Tenggara tersebut, 93 persen di antaranya menelusuri akar mereka ke provinsi Fujian di China.



Kehadiran mereka di Filipina telah ada sejak lebih dari 300 tahun lalu, dan mereka berkontribusi pada masuknya pengaruh China ke dalam budaya arus utama Filipina.

Meski demikian, atmosfer ketegangan antara China dan Filipina saat ini telah memperkuat sentimen negatif di kalangan warga Filipina terhadap etnis Tionghoa yang dipandang tidak loyal secara politik dan asing secara budaya, menurut laporan SCMP yang berbasis di Hong Kong.

Namun, yang sangat mencolok dari etnis Tionghoa di Filipina adalah mereka pekerja keras, sukses secara finansial, dan makmur. Pada tahun 2021, Daftar Orang Terkaya Global—yang disusun grup riset Hurun Report yang berbasis di London—menunjukkan bahwa dari 20 miliarder di Filipina, sembilan di antaranya atau sekitar 45 persen adalah etnis Tionghoa.

Bentrokan di Laut China Selatan


Para etnis Tionghoa ini menempati posisi sentral dalam perdagangan dan pertanian komersial di tingkat provinsi dan lokal Filipina. Mereka juga mendominasi dunia korporat. Mereka telah membantu mendirikan sekolah dan yayasan amal, serta membangun Pecinan tertua di dunia; Binondo, sejak didirikan tahun 1594.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0946 seconds (0.1#10.140)
pixels