Rudal Balistik Taktis Baru Korea Utara Mampu Angkut 4,5 Ton Hulu Ledak Nuklir

Selasa, 02 Juli 2024 - 09:20 WIB
loading...
Rudal Balistik Taktis Baru Korea Utara Mampu Angkut 4,5 Ton Hulu Ledak Nuklir
Rudak balistik taktis baru Korea Utara mampu angkut 4,5 hulu ledak nuklir. Foto/A{
A A A
PYONYANG - Korea Utara mengatakan pihaknya berhasil menguji rudal balistik taktis baru yang mampu membawa hulu ledak super besar seberat 4,5 ton pada Senin (1/7/2024). Tapi, kantor berita resmi KCNA melaporkan hal tersebut pada Selasa (2/7/2024)

Sehari sebelumnya, Korea Selatan melaporkan peluncuran dua rudal balistik oleh Korea Utara dan mengatakan bahwa rudal kedua kemungkinan besar gagal segera setelah peluncuran, dan meledak saat terbang di atas daratan. Ledakan tersebut dikabarkan terjadi di dekat ibu kota Korea Selatan, Seoul.

KCNA tidak menyebutkan rudal kedua.

Dikatakan bahwa uji coba rudal balistik taktis baru, bernama Hwasongpho-11 Da-4.5, dilakukan dengan simulasi hulu ledak berat untuk memverifikasi stabilitas dan akurasi penerbangan.

Pernyataan itu tidak menguraikan sifat hulu ledak yang disimulasikan.

"Administrasi Rudal Korea Utara akan melakukan peluncuran lain dari jenis rudal yang sama pada bulan Juli untuk menguji kekuatan ledakan hulu ledak super besar," demikian keterangan KCNA dalam pengungkapan yang jarang terjadi mengenai rencana peluncuran rudal di masa depan.

Hwasongpho-11, atau Hwasong-11, adalah serangkaian rudal balistik jarak pendek (SRBM) yang dikembangkan oleh Korea Utara yang dikenal sebagai KN-23 dan KN-24.

Militer Korea Selatan mengatakan pada hari Senin bahwa rudal pertama dari dua rudal yang diluncurkan oleh Korea Utara tampaknya adalah KN-23 yang terbang sekitar 600 km.

KN-23 kemungkinan adalah rudal yang dipasok Korea Utara ke Rusia dan digunakan dalam perang melawan Ukraina, menurut pihak berwenang Ukraina yang memeriksa puing-puing rudal yang diluncurkan Rusia sejak Desember.

Korea Utara dan Rusia menyangkal adanya perdagangan senjata, namun hubungan mereka berkembang pesat sejak para pemimpin mereka bertemu pada bulan September di Rusia yang menjanjikan kerja sama militer yang lebih erat.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0783 seconds (0.1#10.140)
pixels