alexametrics

Didekati Drone Tidak Dikenal, Kedubes AS di Baghdad Ditutup

loading...
Didekati Drone Tidak Dikenal, Kedubes AS di Baghdad Ditutup
Kedubes AS di Baghdad ditutup setelah didekati oleh drone yang tidak di kenal. Foto/Istimewa
A+ A-
Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Baghdad, Irak, ditutup pada hari Kamis lalu setelah sebuah pesawat tak dikenal terdeteksi berada di dekatnya.

"Kami dapat mengkonfirmasi laporan tentang (sistem udara tak berawak) yang terbang di dekat kompleks Kedutaan Besar AS di Baghdad pada 16 Mei," kata seorang pejabat Departemen Luar Negeri AS seperti dilansir dari CNN, Sabtu (18/5/2019).

"Personel keamanan Kedutaan membuat pemberitahuan yang pantas kepada staf misi dan kedutaan kembali ke operasi normal ketika dikonfirmasi bahwa UAS (unmanned aerial system) tidak menimbulkan bahaya bagi personel atau fasilitas kami," pejabat itu menambahkan.



Berita itu muncul di tengah meningkatnya ketegangan antara AS dan Iran. Baru-baru ini AS memerintahkan beberapa personelnya yang tidak penting untuk meninggalkan kedutaan di Baghdad atas apa yang dikatakannya sebagai ancaman yang meningkat.

Baca juga: AS Perintahkan Staf di Irak untuk Segera Hengkang

CNN sebelumnya melaporkan bahwa para pejabat AS telah menyatakan keprihatinan bahwa Iran dan proksinya menggunakan pesawat tanpa awak untuk mengancam AS dan sekutunya di wilayah tersebut.

Ketegangan ini Timur Tengah meningkat setelah AS memerintahkan kelompok tempuran laut dan satu skuadron pembom B-52 ke kawasan itu, sebagai tanggapan atas ancaman yang dirasakan meningkat.

Washington juga menyetujui penyebaran tambahan sistem pertahanan rudal Patriot dan kapal perang amfibi USS Arlington ke wilayah tersebut. Iran pun telah berulang kali menyatakan kesiapannya untuk membalas jika terjadi konflik militer.

Duta Besar Teheran untuk PBB, Majid Takht-e Ravanchi, mengatakan bahwa Iran tidak tertarik untuk meningkatkan ketegangan regional tetapi memiliki hak untuk mempertahankan diri.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak