Profil Presiden Bolivia Luis Arce yang Selamat dari Kudeta Militer

Jum'at, 28 Juni 2024 - 15:18 WIB
loading...
A A A
Lebih dari sepuluh tahun mengabdi untuk pemerintahan Morales, Arce banyak dipuji dengan berbagai keberhasilannya. Akan tetapi, akhir masa jabatannya harus berlangsung lebih cepat akibat diagnosis kanker ginjal yang memaksanya pergi berobat ke luar negeri.

Setelah menjalani pemulihan, Arce kembali diangkat ke posisinya yang dulu pada Januari 2019. Namun, dia mengundurkan diri dari jabatannya di tengah kerusuhan sosial yang dihadapi Bolivia pada Oktober-November.

Puncaknya, Morales dipecat sebagai presiden oleh Parlemen di tengah tuduhan kecurangan pemilu. Setelahnya, muncul nama presiden baru; Jeanine Anez.

Terlepas dari itu, Arce ternyata berencana untuk mencalonkan diri sebagai presiden Bolivia. Dia pun mulai membangun reputasinya dengan melakukan sejumlah kampanye, termasuk di luar negeri.

Pada 2020, Arce memenangkan pemilu setelah periode kekacauan politik yang mendalam di Bolivia. Sebagai presiden, dia mulai membangun kembali stabilitas politik.

Melihat berbagai kebijakannya, Arce telah berjuang untuk mengelola kekurangan dolar AS yang membebani perekonomian. Hal ini menyebabkan lembaga pemeringkat kredit menurunkan peringkat utang Bolivia ke status “sampah”.

Selain itu, pemerintahan Arce juga menandatangani perjanjian dengan perusahaan-perusahaan Rusia dan China untuk mengembangkan cadangan litium dalam jumlah besar. Sayangnya, Parlemen belum menyetujui kontrak apa pun.

Terbaru, pemerintahan Arce dilanda upaya kudeta. Stasiun televisi Bolivia memperlihatkan Arce sempat berhadapan dengan pemimpin pemberontakan dan terlihat tidak gentar.

“Saya kapten kalian, dan saya perintahkan kalian untuk menarik mundur pasukan kalian, dan saya tidak akan membiarkan pembangkangan ini,” kata Arce.

Pada langkah strategisnya untuk meredam pemberontakan, Arce menunjuk seorang komandan militer baru. Dia berhasil mengakhiri upaya kudeta dalam sekitar 5 jam.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0972 seconds (0.1#10.140)
pixels