Pompeo kepada Rusia: Jangan Ikut Campur Pemilu Presiden AS Berikutnya

Rabu, 15 Mei 2019 - 08:09 WIB
Pompeo kepada Rusia: Jangan Ikut Campur Pemilu Presiden AS Berikutnya
Pompeo kepada Rusia: Jangan Ikut Campur Pemilu Presiden AS Berikutnya
A A A
SOCHI - Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo memberi tahu Rusia untuk tidak mengganggu pemilu presiden AS pada tahun 2020. Ia mengatakan langkah itu akan sangat merusak hubungan kedua negara yang sudah buruk.

Hal itu dikatakan Pompeo saat bertemu dengan koleganya dari Rusia, Menlu Sergei Lavrov, saat mengunjungi Rusia untuk pertama kalinya sebagai Menlu. Dalam kesempatan itu, Pompeo juga secara terbuka berselisih dengan Lavrov mengenai masalah Ukraina dan Venezuela. Hal itu diakui keduanya setelah pertemuan dengan mengatakan mereka jauh berbeda dalam banyak masalah.

"Saya menjelaskan kepada Menteri Luar Negeri Lavrov bahwa campur tangan dalam pemilihan Amerika tidak dapat diterima. Jika Rusia terlibat dalam hal itu pada tahun 2020 itu akan menempatkan hubungan kita di tempat yang bahkan lebih buruk daripada sebelumnya," ujar Pompeo.

"Aku akan mendorong mereka untuk tidak melakukan itu. Kami tidak akan mentolerir itu," tegasnya seperti dikutip dari Reuters, Rabu (15/5/2019).

Namun, keduanya mengatakan mereka memiliki keinginan yang sama untuk memperbaiki hubungan kedua negara yang buruk. Keduanya juga tidak mengkonfirmasi pernyataan Presiden AS Donald Trump bahwa ia akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di sela-sela pertemuan G20 di Jepang, bulan depan.

Baca Juga: Trump Akan Bertemu Putin dan Xi Jinping di KTT G20

"Amerika Serikat siap untuk menemukan titik temu dengan Rusia selama kita berdua dapat terlibat secara serius dalam masalah-masalah itu," kata Pompeo.

"Presiden Trump telah menjelaskan bahwa harapannya adalah bahwa kita akan memiliki hubungan yang lebih baik antara kedua negara kita. Ini akan menguntungkan masing-masing rakyat kita. Dan saya pikir pembicaraan kita di sini hari ini adalah langkah yang baik ke arah itu," tuturnya.

AS dan Rusia telah lama bersitegang karena tuduhan Rusia mencoba untuk mempengaruhi hasil pemilu presiden AS pada 2016, tuduhan yang ditolak mentah-mentah oleh Moskow.

Kunjungan Pompeo mengikuti dirilisnya laporan Penasihat Khusus Robert Mueller tentang sifat peran Rusia dalam pemilihan 2016.

Sebelumnya pejabat Rusia telah menyatakan harapan bahwa Washington sekarang akan memiliki lebih banyak ruang untuk meningkatkan hubungan.

Tetapi meskipun Pompeo dan Lavrov membuat beberapa komentar positif tentang potensi kerja sama dalam pengendalian senjata nuklir, mantan Direktur CIA itu tetap menyampaikan sejumlah besar keluhan AS tentang Rusia.

Selain masalah campur tangan dalam pemilihan AS, kedua pria itu juga berselisih tentang Venezuela, di mana Lavrov dengan tajam mengkritik Washington karena berusaha melemahkan Presiden Nicolas Maduro, yang menurut Pompeo sekarang harus mundur dalam menghadapi krisis ekonomi dan protes skala besar menentang pemerintahannya.

Terkait Ukraina, Pompeo mengatakan kepada Lavrov bahwa AS tidak akan mengakui pencaplokan Krimea oleh Moskow tahun 2014 dan akan tetap memberlakukan sanksi ekonomi terhadap Rusia atas tindakan itu.

"Rusia sekarang harus bekerja dengan presiden Ukraina yang baru terpilih untuk membawa perdamaian ke Ukraina timur," kata Pompeo, menambahkan bahwa dia ingin Moskow membebaskan sekelompok pelaut Ukraina yang ditangkap.

Pompeo mengatakan dia juga telah menyampaikan keluhan kepada Lavrov tentang warga AS yang ditahan di Rusia, merujuk pada kasus Paul Whelan, mantan marinir yang dituduh melakukan spionase, dan Michael Calvey, seorang investor yang dituduh melakukan penipuan. Keduanya membantah melakukan kesalahan.

Lavrov mengatakan kepada wartawan bahwa kedua negara terus tidak setuju tentang program nuklir Iran dan pendekatan komunitas internasional ke Teheran, sementara Pompeo mengatakan dia telah meningkatkan kekhawatiran AS tentang meningkatnya pertempuran di Idlib Suriah.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5268 seconds (0.1#10.140)