6 Negara dengan Populasi Muslim Tinggi yang Melarang Penggunaan Cadar

Rabu, 26 Juni 2024 - 22:22 WIB
loading...
A A A
Keputusan tersebut, yang dilaporkan di media pemerintah, diambil pada saat keamanan meningkat di negara tersebut menyusul dua bom bunuh diri di ibu kota, Tunis. Saksi mata mengatakan salah satu pelaku bom menyamar dengan mengenakan niqab. Kementerian Dalam Negeri membantah hal ini dan mengatakan dalang pemboman tersebut meledakkan dirinya pada hari Selasa untuk menghindari penangkapan.

Pada tahun 2011, perempuan diizinkan mengenakan jilbab dan niqab di Tunisia setelah larangan selama puluhan tahun di bawah pemerintahan presiden sekuler Zine El Abidine Ben Ali dan Habib Bourguiba, yang menolak segala bentuk pakaian Islami.

Pada bulan Februari 2014, menteri dalam negeri menginstruksikan polisi untuk meningkatkan pengawasan terhadap penggunaan niqab sebagai bagian dari tindakan “anti-terorisme” untuk mencegah penggunaannya sebagai penyamaran.

3. Kosovo

6 Negara dengan Populasi Muslim Tinggi yang Melarang Penggunaan Cadar

Foto/AP

Dewan Komunitas Islam Kosovo telah meminta Kementerian Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Inovasi, untuk menghapus larangan memakai simbol agama di sekolah menengah setelah foto tanda larangan hijab di pintu masuk sebuah sekolah menengah di Gjakova/Djakovica menuai kritik .

Melarang penggunaan jilbab di sekolah mencerminkan “pola pikir masa lalu,” tulis Dewan Komunitas Islam dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat.

“Prinsip agama tidak merusak atau menimbulkan risiko bagi masyarakat. Sebaliknya mereka mendidik, mengajar dan memuliakan,” tambah pernyataan itu, meminta kementerian untuk menghapus pasal dalam kode etik dan tindakan disipliner untuk sekolah menengah.

“Siswa tidak diperbolehkan… memakai seragam keagamaan,” bunyi instruksi tersebut.

Konstitusi Kosovo mendefinisikan negaranya sebagai “negara sekuler, netral dalam hal keyakinan agama,” yang memisahkan negara dari agama. Undang-undang tentang Pendidikan Pra-Universitas mewajibkan lembaga pendidikan publik untuk “menahan diri dari pengajaran agama atau kegiatan lain yang menyebarkan agama tertentu”.

Selain itu, penggunaan simbol agama di sekolah menengah dilarang berdasarkan instruksi administratif yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan.

4. Azerbaijan

6 Negara dengan Populasi Muslim Tinggi yang Melarang Penggunaan Cadar

Foto/AP

Meski 97 persen warga Azerbaijan mengaku beragama Islam, namun jumlah mereka yang secara aktif mengamalkan agama tersebut jauh lebih kecil dan negara ini bangga dengan tradisi sekulernya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1253 seconds (0.1#10.140)