Agama Warga Negara Paraguay dan Persentasenya, Didominasi Umat Kristiani

Senin, 24 Juni 2024 - 15:17 WIB
loading...
Agama Warga Negara Paraguay dan Persentasenya, Didominasi Umat Kristiani
Paraguay memiliki jumat umat Katolik yang mayoritas. Foto/AP
A A A
WASHINGTON - Agama warga negara Paraguay dan persentasenya akan dibahas dalam artikel ini. Diketahui jika negara berjuluk The Heart of South America itu didominasi oleh pemeluk ajaran Kristen.

Paraguay adalah negara yang terkurung di wilayah Amerika Selatan. Berbatasan dengan Argentina di selatan dan barat daya, Brazil di timur dan timur laut, serta Bolivia di barat laut.

Hingga saat ini Paraguay masih tercatat sebagai salah satu negara berkembang, dan menempati peringkat 105 dalam Indeks Pembangunan Manusia. Pemerintah AS memperkirakan total populasi negara itu mencapai 7,4 juta jiwa pada pertengahan tahun 2022.

Agama Warga Negara Paraguay dan Persentasenya

Agama warga negara Paraguay diketahui didominasi oleh umat kristiani. Namun untuk yang paling dominan adalah Katolik Roma.

VMW memperkirakan 88 % penduduk Paraguay beragama Katolik Roma dan 6 % Protestant evangelism, sedangkan Asosiasi Para Menteri Evangelis negara tersebut memperkirakan 9,6 % penduduknya beragama Protestan evangelis.

ICCAN memperkirakan keanggotaannya lebih dari 100.000. Gereja Yesus Kristus memperkirakan memiliki 96.000 anggota. Anggota Gereja Mennonite, yang diperkirakan oleh para pemimpin gereja berjumlah 46.000, tersebar luas di daerah-daerah terpencil di pusat Chaco dan beberapa wilayah timur negara itu.

Baca Juga: Hasil Paraguay vs Ekuador: Kalah Telak, La Tricolore Tetap Lolos ke Piala Dunia 2022

Sementara para pemimpin Muslim memperkirakan ada sekitar 10.000 Muslim, dengan mayoritas di Ciudad del Este. Perwakilan komunitas Yahudi memperkirakan ada sekitar 1.000 orang Yahudi, yang sebagian besar tinggal di Asuncion.

Konstitusi memberikan hak kepada individu untuk memilih, mengubah, dan secara bebas menjalankan agamanya serta melarang diskriminasi agama.

Konvensi ini secara khusus mengakui hak masyarakat adat untuk mengekspresikan agama mereka secara bebas. Konstitusi menyatakan hubungan antara negara dan Gereja Katolik Roma didasarkan pada “kemandirian, kerja sama, dan otonomi.”

Itulah penjelasan terkait agama warga negara Paraguay lengkap dengan persentasenya. Kristen sendiri merupakan agama mayoritas yang dianut di wilayah Amerika Selatan.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1429 seconds (0.1#10.140)
pixels