6 Kekuatan Pakta Pertahanan Bergaya NATO antara Rusia dan Korea Utara

Kamis, 20 Juni 2024 - 19:19 WIB
loading...
A A A
“Karena ini masih tahap awal, tergantung bagaimana perkembangannya, kalau saya jadi mereka, mereka akan menafsirkan klausul tersebut sesuai kebutuhan mereka.”

5. Saling Membutuhkan dan Saling Menguatkan

6 Kekuatan Pakta Pertahanan Bergaya NATO antara Rusia dan Korea Utara

Foto/AP

Dan ada kekhawatiran yang lebih mendesak bahwa “kerja sama militer-teknis” dapat berarti lebih banyak peluru dan rudal yang dikirim dari pabrik-pabrik Korea Utara ke garis depan di Ukraina.

Baik Moskow maupun Pyongyang membantah hal ini terjadi, namun Rusia, yang pernah mendukung sanksi PBB yang secara eksplisit mencegah Korea Utara mengekspor senjata, menggunakan kesempatan ini untuk kembali mengecam “sanksi bermotif politik.”

Pada bulan Maret lalu, Rusia telah menggunakan posisinya di dewan keamanan PBB untuk mengakhiri mandat panel yang memantau pelanggaran sanksi Korea Utara.

6. Melemahkan Musuh Kedua Negara

6 Kekuatan Pakta Pertahanan Bergaya NATO antara Rusia dan Korea Utara

Foto/AP

Media pemerintah Rusia tidak melewatkan kesempatan untuk menyerang Barat. “Barat mengakui kekhawatiran yang sangat besar atas kunjungan Putin ke Korea Utara” demikian bunyi judul berita utama di Moskovsky Komsomolets, sebuah surat kabar harian nasional pada hari Selasa.

“Apa bedanya bagi Amerika jika kita berbicara dengan tetangga kita [Korea Utara], mengapa Anda begitu marah?” ejek propagandis terkemuka Kremlin, Vladimir Solovyov, pada acara bincang-bincang Selasa malam, sebelum menambahkan, dengan nada yang kurang meyakinkan, “kita sudah hidup dalam Perang Dunia Ketiga”.

Komentar tersebut mungkin mencerminkan bagian lain dari strategi Moskow: Rusia kini mungkin sudah memperhitungkan bahwa serangan nuklirnya tidak lagi cukup untuk mencegah negara-negara Barat meningkatkan bantuannya ke Ukraina.

Pertemuan dengan Kim Jong di PBB, dan pakta “terobosan” ini, terjadi bersamaan dengan senjata Amerika yang telah lama ditunggu-tunggu mulai mengalir ke Ukraina, dan beberapa pembatasan telah dicabut dalam penggunaannya untuk menyerang Rusia.

Rusia juga membutuhkan senjata untuk mempertahankan strateginya yang melelahkan dan menghancurkan Ukraina hingga menyerah.

Jadi, meskipun Rusia mungkin masih belum mempunyai kepentingan strategis untuk menyediakan pendanaan atau teknologi eksplisit untuk memperluas persenjataan nuklir negara tetangganya yang tidak dapat diprediksi – dan berisiko membuat marah China – Rusia setidaknya ingin agar Barat percaya bahwa mereka bersedia melakukan hal tersebut.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1612 seconds (0.1#10.140)
pixels