Kenapa Muslim di Siprus Minoritas? Ini Penjelasannya

Kamis, 27 Juni 2024 - 18:02 WIB
loading...
Kenapa Muslim di Siprus Minoritas? Ini Penjelasannya
Magnet yang menggambarkan pulau Siprus dipajang di toko suvenir di Nicosia, Siprus, 20 Juni 2024. Foto/REUTERS/Yiannis Kourtoglou
A A A
NICOSIA - Siprus merupakan negara kepulauan di Laut Mediterania. Letaknya berada di utara Semenanjung Sinai, selatan Semenanjung Anatolia, serta bagian barat Levant.

Secara geografis, negara ini menjadi bagian dari Asia Barat. Namun, ikatan geopolitik dan budaya membawa Siprus lebih condong mengarah ke Eropa Tenggara.

Pada riwayatnya, Siprus memiliki sejarah panjang dan beragam dalam hal agama. Dari berbagai agama yang menjadi kepercayaan warga negaranya, Kristen Ortodoks saat ini menjadi mayoritas.

Selain Kristen Ortodoks, ada beberapa agama lain yang banyak dianut warga Siprus, termasuk Islam yang memiliki sejarah panjang tersendiri. Lantas, mengapa Islam menjadi minoritas di negara ini?

Kenapa Muslim di Siprus Minoritas?


Pada sejarahnya, Siprus adalah rumah dari berbagai agama dan budaya. Keberadaan Islam sendiri bisa ditelusuri sejak era penaklukan Ottoman.

Mengutip laman Muslim Go Travel, Ottoman menaklukkan Siprus sekitar abad ke-16. Setelah itu, mereka membangun Masjid dan Madrasah (lembaga pendidikan) untuk melayani banyak Muslim Turki yang mulai berdatangan dari Turki Selatan.

Penduduk asli yang berstatus umat Kristen Siprus Yunani menyambut baik kedatangan mereka. Selama beberapa waktu ke depan, keduanya pun hidup berdampingan dalam harmoni.

Singkatnya, Ottoman memerintah Siprus dari tahun 1571-1878. Periode tersebut memberi mereka waktu untuk meninggalkan populasi Muslim dalam jumlah besar yang bahkan disebutkan setara dengan seperlima dari seluruh populasi.

Sejarah kembali berubah setelah Inggris datang. Mereka mulai mendorong etnis Yunani Nasrani agar bermigrasi ke Siprus demi mengubahnya menjadi semenanjung yang mayoritasnya non-Muslim.

Setelahnya, jumlah pemeluk Kristen di Siprus yang berasal dari luar semakin meningkat, sementara penduduk Muslim cenderung berkurang. Pasca intervensi Turki secara militer pada 1974, semenanjung terbagi menjadi dua bagian.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0840 seconds (0.1#10.140)
pixels