5 Dampak Negatif Deepfake dan AI dalam Pemilu AS

Kamis, 20 Juni 2024 - 16:55 WIB
loading...
A A A
Misalnya, Norden mengatakan pelaku kejahatan dapat menggunakan alat AI untuk menginstruksikan petugas pemilu agar menutup tempat pemungutan suara sebelum waktunya, dengan memanipulasi suara atasan mereka atau dengan mengirimkan pesan yang seolah-olah melalui akun pengawas.

Dia mengajari petugas pemungutan suara untuk melindungi diri mereka sendiri dengan memverifikasi pesan yang mereka terima.

Norden menekankan bahwa pelaku kejahatan dapat membuat konten yang menyesatkan tanpa AI. “Keunggulan AI adalah membuatnya lebih mudah untuk dilakukan dalam skala besar,” katanya.

Tahun lalu, Norden mengilustrasikan kemampuan AI dengan membuat video palsu dirinya untuk presentasi tentang risiko yang ditimbulkan oleh teknologi tersebut.

“Tidak butuh waktu lama,” kata Norden, menjelaskan bahwa yang harus dia lakukan hanyalah memasukkan wawancara TV sebelumnya ke dalam sebuah aplikasi.

Avatarnya tidak sempurna – wajahnya sedikit buram, suaranya sedikit terputus-putus – tetapi Norden mencatat bahwa alat AI berkembang pesat. “Sejak kami merekamnya, teknologinya menjadi semakin canggih, dan menurut saya semakin sulit untuk membedakannya.”

Teknologi saja bukanlah masalahnya. Ketika deepfake menjadi lebih umum, masyarakat akan menjadi lebih menyadarinya dan lebih skeptis terhadap konten yang mereka konsumsi.

Hal ini dapat mengikis kepercayaan publik, dan pemilih cenderung menolak informasi yang sebenarnya. Tokoh politik juga bisa menyalahgunakan skeptisisme tersebut untuk kepentingan mereka sendiri.

4. Hanya Menguntungkan Pembohong

5 Dampak Negatif Deepfake dan AI dalam Pemilu AS

Foto/AP

Pakar hukum menyebut fenomena ini sebagai “keuntungan pembohong”: Kekhawatiran terhadap deepfake dapat memudahkan subjek rekaman audio atau video yang sah untuk mengklaim bahwa rekaman tersebut palsu.

Norden menunjuk audio Access Hollywood yang muncul sebelum pemilu 2016 sebagai contoh. Dalam klip tersebut, Trump terdengar berbicara tentang interaksinya dengan perempuan: “Anda bisa melakukan apa saja. Pegang vaginanya.”
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0952 seconds (0.1#10.140)