5 Dampak Negatif Deepfake dan AI dalam Pemilu AS

Kamis, 20 Juni 2024 - 16:55 WIB
loading...
A A A
Rekaman itu – yang sangat nyata – dianggap merusak prospek Trump di kalangan pemilih perempuan. Namun jika audio serupa bocor hari ini, Norden mengatakan seorang kandidat dapat dengan mudah menyebutnya palsu. “Akan lebih mudah bagi masyarakat untuk mengabaikan hal semacam itu dibandingkan beberapa tahun yang lalu.”

Norden menambahkan, “Salah satu masalah yang kita hadapi saat ini di AS adalah kurangnya kepercayaan, dan ini hanya akan memperburuk keadaan.”

5. Belum Ada Hukum Kuat Mengaturnya

5 Dampak Negatif Deepfake dan AI dalam Pemilu AS

Foto/AP

Meskipun deepfake semakin menjadi perhatian dalam pemilu AS, hanya sedikit undang-undang federal yang membatasi penggunaannya. Komisi Pemilihan Umum Federal (FEC) belum membatasi deepfake dalam pemilu, dan rancangan undang-undang di Kongres masih terhenti.

Masing-masing negara bagian berupaya mengisi kekosongan tersebut. Menurut pelacak undang-undang yang diterbitkan oleh organisasi advokasi konsumen Public Citizen, sejauh ini 20 undang-undang negara bagian telah diberlakukan untuk mengatur deepfake dalam pemilu.

Beberapa rancangan undang-undang lainnya – di Hawaii, Louisiana dan New Hampshire – telah disahkan dan sedang menunggu tanda tangan gubernur.

Norden mengatakan dia tidak terkejut melihat masing-masing negara bagian bertindak di hadapan Kongres. “Negara seharusnya menjadi laboratorium demokrasi, sehingga hal ini kembali terbukti: negaralah yang bertindak terlebih dahulu. Kita semua tahu sangat sulit untuk meloloskan apa pun di Kongres,” katanya.

Para pemilih dan organisasi politik juga mengambil tindakan. Setelah Gingrich menerima telepon palsu Biden di New Hampshire, dia bergabung dengan tuntutan hukum – yang dipimpin oleh Liga Pemilih Wanita – mencari pertanggungjawaban atas dugaan penipuan tersebut.

Sumber seruan tersebut ternyata adalah Steve Kramer, seorang konsultan politik yang mengaku niatnya adalah untuk menarik perhatian akan perlunya mengatur AI dalam politik. Kramer juga mengaku berada di balik robocall di Carolina Selatan, menirukan Senator Graham.

Kramer mengajukan pernyataan tersebut setelah NBC News mengungkapkan bahwa dia telah menugaskan seorang pesulap untuk menggunakan perangkat lunak yang tersedia untuk umum guna menghasilkan suara palsu Biden.

Menurut gugatan tersebut, pembuatan deepfake membutuhkan waktu kurang dari 20 menit dan hanya berharga USD1.
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1129 seconds (0.1#10.140)