Kapal Selam Nuklir Siluman Rusia Terbaru Sangat Ditakuti Barat, Ini Alasannya

Selasa, 18 Juni 2024 - 18:01 WIB
loading...
Kapal Selam Nuklir Siluman Rusia Terbaru Sangat Ditakuti Barat, Ini Alasannya
Kapal selam Rusia K-564 Arkhangelsk. Foto/Sevmash
A A A
MOSKOW - Surat kabar Inggris membuat laporan mengejutkan pekan ini: ternyata Rusia memiliki senjata yang mampu menimbulkan kehancuran yang tak terhitung bagi musuh-musuhnya.

Yang membuat The Express terkejut kali ini adalah K-564 Arkhangelsk, kapal selam rudal jelajah bertenaga nuklir kelas Yasen-M yang baru-baru ini menjalani uji coba laut dan diharapkan mulai beroperasi pada bulan Desember.

Sementara surat kabar tersebut khawatir kapal selam ini "tidak dapat dideteksi oleh musuh Barat" dan dapat menimbulkan ancaman serius bagi "pangkalan militer NATO, konvoi angkatan laut, dan infrastruktur penting di darat selama krisis," masih harus dilihat apa yang sebenarnya mampu dilakukan Arkhangelsk.

Berikut ini adalah apa yang saat ini diketahui tentang kapal selam tersebut:

Kapal selam ini dapat menyelam hingga kedalaman 600 meter dan memiliki kecepatan maksimum 16 knot di permukaan dan 31 knot di bawah air.

Kapal selam ini memiliki awak sebanyak 64 orang dan daya tahan sekitar 100 hari, dibatasi oleh kebutuhan makanan dan perawatan.

Persenjataan kapal selam itu meliputi tabung torpedo 533mm dan silo peluncur vertikal untuk rudal jelajah antikapal Oniks, rudal jelajah Kalibr, dan rudal jelajah hipersonik Zircon. Baik rudal Kalibr maupun Zircon berkemampuan nuklir.

Berbagai kemampuan kapal selam itu membuat negara-negara Barat harus berpikir beberapa kali jika ingin melancarkan perang secara langsung dengan Rusia.

(sya)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1562 seconds (0.1#10.140)
pixels