Putin Ungkap Tujuan Perjalanan ke Korea Utara

Selasa, 18 Juni 2024 - 15:01 WIB
loading...
Putin Ungkap Tujuan Perjalanan ke Korea Utara
Presiden Rusia Vladimir Putin. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan Moskow dan Pyongyang akan mengembangkan pengaturan perdagangan dan keamanan, yang kebal terhadap tekanan dari Barat.

Penjelasan itu diungkap Putin menjelang kunjungannya ke Korea Utara (Korut) pada Selasa (18/6/2024).

Presiden Rusia menguraikan tujuannya dalam artikel yang diterbitkan harian terkemuka DPRK, Rodong Sinmun.

“Untuk menghadirkan lebih banyak demokrasi dan stabilitas pada hubungan internasional, Rusia dan Korea Utara akan mengembangkan mekanisme perdagangan alternatif dan penyelesaian bersama yang tidak dikendalikan oleh Barat, bersama-sama menentang pembatasan sepihak yang tidak sah, dan membentuk arsitektur keamanan yang setara dan tak terpisahkan di Eurasia," tulis Putin.

Dia juga berjanji meningkatkan "interaksi antarmasyarakat" antara kedua negara, termasuk "mobilitas akademis" antara lembaga pendidikan tinggi, pariwisata, "serta pertukaran budaya, pendidikan, pemuda, dan olahraga" untuk meningkatkan rasa percaya diri, saling pengertian, dan kesejahteraan.

Putin mengingatkan warga Korea Utara bahwa tentara Soviet membantu membebaskan mereka dari pendudukan Jepang pada tahun 1945 dan Moskow adalah yang pertama mengakui DPRK dan menjalin hubungan diplomatik dengan Pyongyang.

Uni Soviet juga membantu membangun kembali negara itu setelah kehancuran Perang Korea (1950-1953) dengan dukungan AS dari pihak Selatan.

"Rusia telah terus-menerus mendukung dan akan mendukung DPRK dan rakyat Korea yang heroik dalam perjuangan mereka melawan musuh yang berbahaya, agresif, dan berbahaya, dalam perjuangan mereka untuk kemerdekaan, identitas, dan hak untuk bebas memilih jalur pembangunan mereka," tulis presiden Rusia.



Kunjungan hari Selasa akan menjadi perjalanan pertama Putin ke Korea Utara sejak tahun 2000, ketika dia bertemu dengan Kim Jong-Il.

September lalu, dia menjamu pemimpin DPRK saat ini Kim Jong-un di stasiun antariksa Vostochny di Rusia timur.

Menurut Kremlin, delegasi Rusia juga akan mencakup Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov, Wakil Perdana Menteri Pertama Denis Manturov, Menteri Pertahanan Andrey Belousov, Menteri Kesehatan Mikhail Murashko, Menteri Transportasi Roman Starovoyt, kepala badan antariksa Roscosmos Yuri Borisov, dan kepala Kereta Api Rusia Oleg Belozyorov.
(sya)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2025 seconds (0.1#10.140)
pixels