Jet Tempur Siluman F-22 Raptor AS Capai Tonggak Sejarah 500.000 Jam Terbang

Selasa, 18 Juni 2024 - 09:28 WIB
loading...
A A A
Pada tahun 2004, F-22 mencapai status Kemampuan Operasional Awal.

F-22 dirancang untuk menjadi kekuatan yang tangguh, dimaksudkan untuk menggantikan F-15 sebagai pesawat tempur udara-ke-udara utama Angkatan Udara. Ini menggabungkan ketangkasan, kecerdasan, dan kemampuan siluman.

Sensor canggih memungkinkannya mendeteksi ancaman dari jarak jauh, sementara desain silumannya memungkinkannya mendekat tanpa terdeteksi.

Kemampuan jelajah supernya memungkinkannya melampaui ancaman, dan vektor daya dorongnya memungkinkannya mengungguli lawan mana pun dalam pertempuran jarak dekat.

Selama Latihan Northern Edge di Alaska pada bulan Juni 2006, F-22 unggul dalam simulasi pertempuran, menjatuhkan 108 musuh tanpa kerugian apa pun.

Namun, produksi F-22 berakhir pada tahun 2008 setelah kurang dari 200 unit dibuat.

Dalam wawancara tahun 2019 di Fighter Pilot Podcast, pensiunan Kolonel Angkatan Udara Terry “Stretch” Scott memuji kontrol penerbangan F-22, dan menggambarkannya sebagai “fenomenal".

Dia ingat bahwa manual operator asli mendorong pilot untuk mengoperasikan pesawat dengan “sembrono”, yang mencerminkan keyakinan akan kemampuannya.

Meskipun ada perubahan pada manual selama beberapa dekade sejak penerbangan pertama F-22, Scott menekankan bahwa semangat dan efektivitas Raptor tetap teguh.

Berasal dari latar belakang menerbangkan pesawat tempur generasi keempat seperti F-15, Scott terpesona oleh kelincahan F-22. Dia menggambarkannya sebagai hal yang “menggiurkan”, terutama dalam interaksi visual.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0802 seconds (0.1#10.140)