Ini Kekuatan Militer Hamas dan Hizbullah Jika Bersatu, Israel Berani Lawan?

Senin, 17 Juni 2024 - 16:38 WIB
loading...
A A A
Masih dari sumber serupa, Times of Israel menyebut Hamas setidaknya punya 7.000 roket hingga ratusan rudal anti tank dan rudal anti pesawat. Lalu, ada juga lusinan kendaraan udara tak berawak.

Tak hanya itu, sumber lain seperti The Conversation juga mengatakan bahwa Hamas memiliki banyak senapan serbu AK-47 sampai granat berpeluncur roket. Masing-masing didistribusikan melalui terowongan-terowongan tersembunyi yang dibangunnya.

Sementara untuk Hizbullah, mereka punya sebutan sebagai kelompok non negara dengan persenjataan terbesar di dunia. Sama seperti Hamas, jenisnya pun beragam.

Namun, sebagian besar isi dari gudang senjatanya berupa roket artileri. Jumlahnya sendiri mencapai 130.000 menurut data perkiraan Center for Strategic and International Studies edisi 2021.

Selain itu, Hizbullah juga punya sistem pertahanan semacam SA-22 Rusia yang bisa menargetkan jet tempur, helikopter hingga drone. Aset-aset ini sering jadi perhatian Israel mengingat kekuatan militernya yang bergantung pada superioritas udara.

3. Dukungan pihak lain

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa Hamas dan Hizbullah ini bukanlah sebuah negara. Mereka hanya sebatas organisasi politik dan militer yang masing-masing berbasis di Palestina dan Lebanon.

Berkaca pada statusnya, sebagian orang mungkin penasaran mengenai langkah-langkah strategis yang dilakukan mereka agar bisa bertahan sampai sekarang. Ternyata, salah satu kuncinya adalah dukungan dari pihak lain.

Meski tidak pernah secara terang-terangan menyatakan diri mendukung Hamas atau Hizbullah, Iran disebut-sebut sebagai pihak utama yang memberi dukungan dan pendanaan untuk kedua kelompok tersebut.

Teheran banyak dikatakan menjadi sumber dana sekaligus aktor utama di balik kekuatan Hamas dan Hizbullah. Selain materi, Iran juga membantu keduanya dalam hal pelatihan militer hingga dukungan politis.

Selain Iran, masih ada beberapa pihak yang sering disebut turut membantu Hamas dan Hizbullah dalam kaitannya dengan persenjataan. Sebut saja seperti Rusia hingga Korea Utara.

Menurut laporan The Conversation, beberapa negara seperti Rusia telah memberi izin kepada Hamas untuk meniru produk senjatanya. Belum lagi, mereka bisa melatih para insinyur di Gaza sampai bisa membuat senjata yang serupa.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2363 seconds (0.1#10.140)
pixels