Assange Ditangkap, Trump: Itu Bukan Urusan Saya

Jum'at, 12 April 2019 - 03:38 WIB
Assange Ditangkap, Trump: Itu Bukan Urusan Saya
Assange Ditangkap, Trump: Itu Bukan Urusan Saya
A A A
WASHINGTON - Presiden Donald Trump mengatakan ia tidak tahu apa-apa tentang WikiLeaks, beberapa jam setelah penangkapan pendirinya Julia Assange. Padahal, selama kampanye presiden lalu, ia kerap mengutip informasinya tentang Hillary.

"Saya tidak tahu apa-apa tentang Wikileaks," kata Trump kepada wartawan di Gedung Putih, saat ia bertemu dengan Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in.

"Itu bukan urusan saya. Saya sudah melihat apa yang terjadi dengan Assange," imbuhnya seperti dikutip dari NBC News, Jumat (12/4/2019).

Assange ditangkap Kamis pagi di kedutaan besar Ekuador di London, di mana dia telah diberikan suaka selama hampir tujuh tahun sebelum Ekuador mengizinkan pemerintah Inggris mengaksesnya. Dia didakwa di Inggris dengan jaminan, dan pejabat AS ingin dia diekstradisi sehubungan dengan tuduhan peretasan komputer seperti diungkapkan oleh Departemen Kehakiman.

Selama kampanye presiden 2016, WikiLeaks menyebarkan email yang diambil dari Komite Nasional Demokrat tepat sebelum konvensi partai musim panas. Mereka kemudian merilis dokumen yang diambil dari email pribadi pimpinan kampanye Clinton, John Podesta, secara bertahap setiap hari selama sebulan menjelang hari pencoblosan.

"Saya harap orang-orang melihat perilaku memalukan Hillary Clinton seperti yang diungkapkan oleh WikiLeaks," tulis Trump pada 11 Oktober 2016.

"Dia tidak layak untuk berkompetisi," imbuhnya.

"Email WikiLeaks mengungkapkan Podesta mendesak kamp Clinton untuk 'membuang' surel. Saatnya ke #DrainTheSwamp!," tulisnya pada 1 November, hanya seminggu sebelum pemilihan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4638 seconds (0.1#10.140)