Bahas Krisis Rakhine State, Utusan Sekjen PBB Temui Menlu Retno

Kamis, 28 Maret 2019 - 15:31 WIB
Bahas Krisis Rakhine State, Utusan Sekjen PBB Temui Menlu Retno
Bahas Krisis Rakhine State, Utusan Sekjen PBB Temui Menlu Retno
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia Retno Marsudi melakukan pertemuan dengan Utusan Khusus Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB untuk Myanmar Christine Schraner Burgener. Keduanya membahas penyelesaian krisis Rakhine State atau sebelumnya dikenal sebagai krisis Rohingya.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia Arrmanatha Nasir mengatakan keduanya telah bertemu beberapa kali sebelumnya, termasuk pertemuan di sela-sela sidang PBB.

"Pertemuan ini menunjukan pengakuan PBB terhadap peran Indonesia dan kontribusi Indonesia dalam membantu menyelesaikan isu Rakhine State," kata Arrmanatha saat menggelar briefing mingguan, Kamis (28/3/2019).

Dia mengatakan, dalam pertemuan tersebut Retno dan Burgener membahas berbagai perkembangan di Rakhine State, khususnya mengenai proses repratiasi para pengungsi di Bangladesh.

"Beberapa isu menjadi perhatian adalah kunjungan dari tim AHA Center ke Myanmar. Dalam pertemuan juga dibahas langkah kedepan bagaimana repratiasi dapat dilakukan secara sukaraela, aman dan bermartabat," katanya.

"Dalam pertemuan tersebut Utusan Khusus Sekretaris Jenderal PBB juga sangat apreasiasi peran Indonesia dan peran yang diambil ASEAN dalam isu ini," imbuh diplomat Indonesia tersebut.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3227 seconds (0.1#10.140)