Media AS: Negara-negara Asia Enggan Dukung Ukraina karena Skeptis pada Khotbah Barat

Selasa, 04 Juni 2024 - 13:57 WIB
loading...
A A A
“Di sebagian besar negara-negara Selatan, hal ini dipandang sebagai perang Eropa, Amerika, dan Rusia. Hal ini sebagian disebabkan oleh toleransi AS dan Eropa yang tidak dapat dipahami terhadap perang brutal Israel terhadap Palestina,” katanya kepada wartawan.

Pada konferensi di Singapura, Zelensky juga menyesalkan bahwa Ukraina tidak memiliki hubungan yang kuat dengan China. "Karena China tidak menginginkannya,” katanya, yang mengeklaim bahwa Beijing telah menjadi “instrumen” di tangan Moskow.

Meskipun lebih dari 100 negara mengatakan mereka akan mengirimkan delegasi mereka ke pertemuan puncak perdamaian yang diselenggarakan di Swiss, AS dan China akan melewatkan pertemuan tersebut atau mengirim utusan daripada kepala negara mereka.

Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa juga tidak akan hadir, kata kantornya kepada TASS bulan lalu.

Menurut laporan media tersebut, rekannya dari Brasil, Lula da Silva juga akan absen.

Pada bulan April, Presiden Rusia Vladimir Putin menggambarkan konferensi mendatang sebagai “omong kosong", mengingat Moskow tidak diundang.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov pada Selasa pekan lalu berpendapat: “Berkumpul bersama dan secara serius membahas konflik Ukraina tanpa partisipasi kami [Rusia] adalah hal yang tidak masuk akal.”
(mas)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0796 seconds (0.1#10.140)