Kebebasan Berekspresi Versi Korea Utara, Kirim Balon Udara Berisi Tinja dan Sampah ke Musuhnya

Kamis, 30 Mei 2024 - 13:30 WIB
loading...
A A A
Selama beberapa dekade, Korea Utara hampir sepenuhnya tertutup dari dunia luar, dengan kontrol ketat terhadap informasi apa yang masuk atau keluar. Materi asing termasuk film dan buku dilarang, dengan hanya beberapa pengecualian yang disetujui negara; mereka yang tertangkap membawa barang selundupan asing seringkali menghadapi hukuman berat, kata para pembelot.

Awal tahun ini sebuah kelompok penelitian Korea Selatan telah merilis rekaman langka yang diklaim menunjukkan remaja Korea Utara dijatuhi hukuman kerja paksa karena menonton dan mendistribusikan K-drama.

Pembatasan ini agak melunak dalam beberapa dekade terakhir seiring dengan semakin meluasnya hubungan Korea Utara dengan Tiongkok. Langkah-langkah tentatif untuk membuka diri memungkinkan beberapa elemen Korea Selatan, termasuk bagian dari budaya popnya, untuk meresap ke dalam negara yang tertutup tersebut – terutama pada tahun 2017 dan 2018, ketika hubungan kedua negara mencair.

Namun situasi di Korea Utara memburuk pada tahun-tahun berikutnya dan perundingan diplomatik gagal – sehingga peraturan ketat kembali diberlakukan di Korea Utara.

(ahm)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1224 seconds (0.1#10.140)