Ini Strategi Rusia Mengglorifikasi Kemenangan Perang di Ukraina

Kamis, 30 Mei 2024 - 14:14 WIB
loading...
A A A
Buku-buku tersebut ditulis oleh Oleg Roy, seorang penulis buku anak-anak terkemuka Rusia dan pendukung vokal perang di Ukraina.

Komik tersebut menggunakan retorika anti-Barat, anti-Nato, dan anti-Ukraina yang telah lama dijajakan oleh otoritas Rusia. “Karena kebencian terhadap Rusia, negara-negara Barat mempersenjatai anak anjing neo-Nazi mereka di wilayah pendudukan Kyiv,” salah satu buku tersebut berbunyi.

Roy sebelumnya membuat serangkaian komik yang ditujukan untuk "pahlawan super Rusia" yang patriotik dan dipuji oleh media yang didukung Kremlin sebagai "jawaban Rusia terhadap DC dan Marvel".

Pada bulan September 2023, seri 23 komik bertema perang lainnya diterbitkan oleh blogger militer terkemuka Mikhail Zvinchuk, yang juga merupakan bagian dari Dewan Kepresidenan Rusia untuk Perang di Ukraina. Komik-komik ini diterjemahkan dalam bahasa Inggris, Arab dan China.

Kisah-kisah yang mereka sampaikan mengklaim didasarkan pada situasi kehidupan nyata dari perang di Ukraina. Kata-kata tersebut menyoroti keberanian dan tekad tentara Rusia, sementara bahasa yang menghina digunakan untuk menggambarkan tentara Ukraina, yang digambarkan sebagai pion jenderal Barat.

Beberapa cerita juga menggemakan narasi media yang dikendalikan pemerintah Rusia, yang mengklaim bahwa tentara Ukraina tidak memiliki motivasi untuk berperang, karena komandan mereka mengirim mereka untuk mati.


Propaganda Menjelekkan Ukraina

Salah satu buku komik Zvinchuk menggambarkan pertempuran di desa Klischiivka di Ukraina timur, yang diklaim telah direbut oleh Rusia.

Ini bercerita tentang seorang tentara Ukraina bernama Mykola, yang menyerah kepada pasukan Rusia, menembak anggota batalionnya sendiri dan mengubah namanya menjadi Nikolai, varian Rusia dari namanya.

Dalam isu lainnya, dua operator drone Ukraina putus asa dan terpaksa menyerah, karena tidak mampu menghadapi keperkasaan kendaraan lapis baja Rusia, yang salah satunya disebut sebagai “cyborg”.

Komik Zvinchuk dipamerkan sebagai bagian dari pameran seni yang diadakan di kereta api yang melintasi Rusia.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1042 seconds (0.1#10.140)