Ini Strategi Rusia Mengglorifikasi Kemenangan Perang di Ukraina

Kamis, 30 Mei 2024 - 14:14 WIB
loading...
A A A
Kereta tersebut menampilkan sembilan gerbong tematik yang menggambarkan “kepahlawanan” tentara Rusia, dimulai dengan Perang Dunia Kedua dan berakhir dengan perang di Ukraina.

Menurut data resmi, lebih dari setengah juta orang mengunjungi inisiatif yang didukung Kementerian Pertahanan, yang diberi nama The Power of Truth. Kereta tersebut menempuh jarak lebih dari 34.000 km (21.200 mil), berhenti di lebih dari 75 kota antara Moskow dan Timur Jauh Rusia.

Seri komik terkait perang Ukraina lainnya berpusat pada eksploitasi kelompok tentara bayaran Wagner Rusia dan mendiang pendirinya, Yevgeny Prigozhin - meskipun seri ini tampaknya tidak mendapat dukungan resmi.

Tentara bayaran Wagner telah terlibat dalam perang di Ukraina dan Suriah. Prigozhin meninggal dalam kecelakaan pesawat pada tanggal 23 Agustus, tepat dua bulan setelah ia memimpin pemberontakan singkat di mana para pejuangnya mengambil alih militer utama.

Komik tersebut – yang diterbitkan pada akhir tahun 2023 di platform media sosial Telegram – mengagungkan tentara bayaran Wagner dan mengklaim bahwa mereka menyelamatkan penutur bahasa Rusia di Ukraina timur dari “genosida”.

Protagonisnya adalah tentara bayaran Wagner bernama Angel of Wrath, yang digambarkan sedang melawan makhluk mirip anjing biru yang mengenakan lambang Ukraina.

Dalam komiknya, makhluk-makhluk ini terlihat berubah menjadi monster karena “serum baru yang disuntikkan oleh Amerika”.

Salah satu isu dalam serial ini berakhir dengan Prigozhin memberikan peringatan yang tidak menyenangkan: "Apa yang mereka [musuh-musuh Rusia] tidak tahu adalah di mana Malaikat Murka akan muncul selanjutnya. Jadi, biarkan semua orang menunggu dan takut.”

(ahm)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2166 seconds (0.1#10.140)