Lebih dari 1.000 Orang di AS dan Kanada Terinfeksi Bakteri Salmonella

Rabu, 19 Agustus 2020 - 22:09 WIB
loading...
Lebih dari 1.000 Orang di AS dan Kanada Terinfeksi Bakteri Salmonella
Lebih dari 1.000 orang di AS dan Kanada terinfeksi bakteri salmonlla yang terkandung dalam bawang merah. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Setidaknya 1.208 orang di seluruh Amerika Serikat (AS) dan Kanada terinfeksi bakteri salmonella yang terkandung dalam bawang. Begitu informasi terbaru dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS.

Pada tanggal 1 Agustus, pemasok bawang yang berbasis di Bakersfield, California Thomson International menarik kembali bawang yang dikirim dari 1 Mei hingga 1 Agustus ke restoran dan toko di seluruh 50 negara bagian. Thomson International memperingatkan bahwa bawang merah, kuning, kuning manis, dan putih mungkin telah bersentuhan dengan bawang merah yang terkontaminasi salmonella.

Pada Rabu (19/8/2020), seperti dilansir dari Business Insider, CDC menaikkan jumlah kasus infeksi salmonella yang dikonfirmasi di AS dari 640 menjadi 869. Pada 14 Agustus, Badan Kesehatan Masyarakat Kanada mengatakan ada 339 kasus Salmonella yang dikonfirmasi terkait dengan bawang yang diimpor dari AS.

Setidaknya 116 orang telah dirawat di rumah sakit di AS pada 18 Agustus, dan setidaknya 48 telah dirawat di rumah sakit di Kanada pada 14 Agustus.(Baca: Kenali Sjogren's Syndrome yang Gejalanya Sering Dianggap Penyakit Umum )

Peta jumlah kasus CDC menunjukkan bahwa sebagian besar kasus yang dilaporkan terkonsentrasi di bagian barat AS, dengan jumlah kasus yang sangat tinggi di Oregon, California, Utah, dan Montana, meskipun kasus yang sama telah dilaporkan di 27 negara bagian.

CDC menyatakan bahwa ada jeda dua hingga empat minggu antara saat seseorang sakit dan saat mereka melaporkan penyakitnya, sehingga ada kemungkinan kasus tambahan belum diperhitungkan.

Sejumlah supermarket telah mengeluarkan penarikan sendiri untuk bawang yang dijual di toko-toko di negara bagian tertentu. Sejumlah saus keju yang dibuat dengan bawang yang berpotensi terkontaminasi juga telah ditarik.

Perusahaan bahan makanan langsung ke konsumen juga menarik bawang yang dibeli sebelum 2 Agustus.

Bawang yang berpotensi terkontaminasi dijual dengan sejumlah merek berbeda, sehingga badan pengawas obat dan makanan AS (FDA) merekomendasikan untuk membuang bawang jika konsumen tidak yakin apakah itu berasal dari Thomson International.

FDA masih mengumpulkan dan menganalisis sampel sebagai bagian dari penyelidikan yang sedang berlangsung terhadap akar penyebab wabah tersebut.
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1262 seconds (0.1#10.140)