Akankah Bentrokan Tentara Mesir dan Israel di Perbatasan Rafah Memicu Perang?

Selasa, 28 Mei 2024 - 17:42 WIB
loading...
A A A
Penembakan pada hari Senin diyakini dipicu oleh serangan udara Israel terhadap kamp pengungsian "zona aman" pada larut malam pada hari sebelumnya, menewaskan sedikitnya 40 orang, beberapa dibakar hidup-hidup.

Beberapa rudal menghantam kamp pengungsi di barat laut Rafah, juga melukai banyak orang lainnya yang berlindung di tenda dekat gudang UNRWA.

Masyarakat Bulan Sabit Merah Palestina memperingatkan bahwa rumah sakit di wilayah tersebut sedang berjuang untuk menangani korban jiwa.

Namun Israel mengklaim serangan itu menewaskan dua pejabat Hamas dan mengatakan "insiden tersebut sedang ditinjau" setelah mengakui pihaknya "mengetahui laporan" mengenai korban sipil.

Insiden perbatasan serupa juga terjadi dalam beberapa bulan terakhir, termasuk yang terjadi pada bulan Juni tahun lalu, ketika seorang tentara Mesir berusia 23 tahun ditembak mati setelah ia menyeberang ke perbatasan dengan Israel dan membunuh tiga tentara Israel.

Militer Mesir Selidiki Peristiwa Penembakan

Akankah Bentrokan Tentara Mesir dan Israel di Perbatasan Rafah Memicu Perang?

Foto/AP

“Pihak berwenang” sedang menyelidiki kematian seorang anggota tim keamanan Mesir dalam penembakan di dekat zona perbatasan Rafah, kata juru bicara militer Mesir.

Sebelumnya pada hari Senin, militer Israel mengatakan pihaknya juga sedang menyelidiki laporan baku tembak antara tentara Israel dan Mesir di dekat persimpangan antara Mesir dan Jalur Gaza yang terkepung.

“Pihak berwenang yang kompeten di Angkatan Bersenjata Mesir sedang menyelidiki insiden penembakan di dekat jalur perbatasan di Rafah, yang menyebabkan kematian salah satu personel yang mengamankan daerah tersebut,” kata Kolonel Mesir Ghareeb Abdel Hafez Ghareeb di X, sebelumnya Twitter.

Israel mengambil kendali atas perbatasan penting Rafah dari sisi perbatasan Palestina bulan ini ketika negara itu melancarkan serangan militer yang telah lama diancam di wilayah yang penuh sesak itu, sehingga memicu kecaman keras dari komunitas internasional, termasuk Mesir.

Apa yang Terjadi di Rafah Berdampak pada Mesir

Mesir dan Israel menandatangani perjanjian damai pada tahun 1979 dan sejak itu telah bekerja sama dalam masalah keamanan, khususnya di sekitar perbatasan antara Mesir dan Gaza.

Rami Dajani, direktur proyek Israel dan Palestina di International Crisis Group, mengatakan situasi keseluruhan di Rafah dan operasi Israel di sana telah menyebabkan “ketegangan di seluruh dunia”.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0878 seconds (0.1#10.140)
pixels