Sempat Ditutup, Pakistan Buka Kembali Wilayah Udaranya

Jum'at, 08 Maret 2019 - 15:28 WIB
Sempat Ditutup, Pakistan Buka Kembali Wilayah Udaranya
Sempat Ditutup, Pakistan Buka Kembali Wilayah Udaranya
A A A
KARACHI - Pakistan membuka kembali wilayah udaranya untuk penerbangan komersial setelah penutupan selama seminggu, Jumat (8/3/2019). Demikian pengumuman yang dikeluarkan oleh otoritas penerbangan Pakistan.

Wilayah udara Pakistan benar-benar tertutup untuk penerbangan lokal dan internasional setelah pertempuran udara minggu lalu antara pasukan udara Pakistan dan India. Kedua belah pihak mengklaim telah menembak jatuh pesawat lawan.

Namun, wilayah udara sebagian dibuka kembali dan operasi penerbangan di bandara utama dipulihkan setelah beberapa hari. Tetapi sampai pengumuman hari ini, wilayah udara sebelah utara tetap tertutup.

Menurut Otoritas Penerbangan Sipil (CAA) Pakistan, wilayah udara negara itu telah sepenuhnya dibuka kembali dan operasi penerbangan di semua bandara kini telah dipulihkan seperti dilansir dari Anadolu.

Penutupan itu membuat ribuan penumpang terdampar di beberapa bandara di seluruh dunia. Penutupan juga memaksa maskapai penerbangan untuk menjadwal ulang penerbangan mereka.

Ketegangan antara dua negara saingan bersenjata nuklir itu meningkat setelah serangan bunuh diri bulan lalu terhadap konvoi tentara di Kashmir yang dikuasai India. Serangan itu menewaskan sedikitnya 40 tentara India. India menuduh Pakistan terlibat dalam serangan tersebut, tuduhan yang disangkal Islamabad.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3967 seconds (0.1#10.140)