Anggota Kongres AS Ilhan Omar Kunjungi Kashmir, India Mencak-mencak

Kamis, 21 April 2022 - 22:01 WIB
loading...
Anggota Kongres AS Ilhan Omar Kunjungi Kashmir, India Mencak-mencak
Anggota Kongres AS Ilhan Omar bertemu Presiden Azad Jammu dan Kashmir Sultan Chaudhry. Foto/samaaenglish.tv
A A A
ISLAMABAD - Anggota Kongres Amerika Serikat (AS) Ilhan Omar menuduh pemerintah Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi mendiskriminasi Muslim di Jammu dan Kashmir serta di seluruh India.

Awal bulan ini, Omar mendesak pemerintahan Presiden AS Joe Biden untuk menghadapi India atas catatan hak asasi manusianya. Omar adalah anggota Kongres AS pertama yang mengunjungi Pakistan sejak penggulingan Imran Khan sebagai perdana menteri (PM).

India telah mengambil pengecualian yang kuat untuk kunjungan anggota Kongres AS Ilhan Omar ke Muzaffarabad, ibu kota wilayah Jammu dan Kashmir yang dikelola Pakistan.

Baca juga: Muslim Delhi Jadi Korban Penggusuran, India Tiru Cara-cara Israel?

“Kami telah mencatat bahwa dia telah mengunjungi bagian dari wilayah persatuan India, Jammu dan Kashmir, yang saat ini diduduki secara ilegal oleh Pakistan. Jika politisi seperti itu ingin mempraktikkan politik piciknya di dalam negeri, itu urusannya," ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) India Arindam Bagchi dalam konferensi pers pada Kamis (21/4/2022).

Baca juga: Rusia Kuasai Mariupol, 2.000 Militan Ukraina Sembunyi di Pabrik Baja Azovstal

“Tetapi melanggar integritas teritorial dan kedaulatan kami dalam pengejarannya menjadikannya milik kami. Kunjungan itu dikutuk,” tegas pejabat India itu.

Baca juga: Awalnya akan Dihancurkan, 100 Rudal Norwegia Malah Dikirim ke Ukraina

Pernyataan keras Kementerian Luar Negeri India datang beberapa jam setelah Omar, anggota DPR AS Partai Demokrat dari Minnesota, memanggil Presiden “Azad Jammu dan Kashmir” (wilayah Kashmir yang dikelola Pakistan) Sultan Mahmood Chaudhry.

Menurut siaran pers sekretariat presiden, Omar “mengutuk” pelanggaran “hak asasi manusia” India di Jammu dan Kashmir selama pertemuannya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2625 seconds (11.210#12.26)