Israel Masih Tutup Penyeberangan Rafah, 20.000 Pasien Tunggu Perawatan

Minggu, 26 Mei 2024 - 08:07 WIB
loading...
Israel Masih Tutup Penyeberangan Rafah, 20.000 Pasien Tunggu Perawatan
Azzam yang tidak bisa dibawa keluar Jalur Gaza untuk berobat setelah Israel menguasai penyeberangan perbatasan Rafah, sedang menunggu perawatan di rumah sakit. Foto/Baher Hamed Alnahhal/Anadolu
A A A
GAZA - Lebih dari 20.000 pasien sedang menunggu pembukaan penyeberangan Rafah untuk meninggalkan Jalur Gaza demi mendapatkan perawatan.

Kementerian Kesehatan di daerah kantong Palestina yang terkepung menjelaskan kondisi itu pada Sabtu (25/5/2024), dilansir Anadolu Agency.

Juru bicara kementerian Ashraf Al-Qudra mengatakan, “Sejak Israel menduduki kembali penyeberangan Rafah, tidak ada pasien yang dapat meninggalkan Jalur Gaza, bahkan mereka yang berada di luar negeri tidak dapat kembali ke tanah air mereka.”

“Lebih dari 20.000 pasien yang menderita penyakit kanker, jantung dan darah sedang menunggu pembukaan penyeberangan dalam kondisi yang tidak manusiawi akibat pendudukan, pengepungan dan perang pemusnahan yang dilakukan terhadap warga sipil di Gaza,” ujar dia.

Pejabat tersebut menyebut tindakan Israel sebagai “kejahatan perang dan pelanggaran terang-terangan terhadap hak kesehatan pasien yang diatur dalam hukum humaniter internasional.”

Dia mendesak komunitas internasional melakukan intervensi dan menyelamatkan para korban dari komplikasi dan kematian.

Juru bicara itu menyoroti serangan Israel terhadap fasilitas layanan kesehatan yang telah membuat fasilitas tersebut tidak berfungsi.



Israel terus melanjutkan serangan brutalnya di Gaza meskipun ada resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata segera.

Rezim penjajah Israel telah membunuh lebih dari 35.800 warga Palestina, sebagian besar perempuan dan anak-anak.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1660 seconds (0.1#10.140)
pixels