Siapa Alice Guo? Wali Kota Bamban yang Dituding sebagai Mata-mata China

Sabtu, 18 Mei 2024 - 21:21 WIB
loading...
A A A
Nama keluarganya, Guo, juga bukan salah satu nama keluarga umum orang Filipina yang memiliki garis keturunan Tionghoa. Meskipun dijajah oleh Spanyol, Filipina dan China memiliki ikatan budaya yang kuat karena perdagangan selama berabad-abad. Faktanya, negara ini adalah rumah bagi Chinatown tertua di dunia.

Saat ditanyai oleh senator, Guo mengakui bahwa akta kelahirannya baru didaftarkan ke otoritas setempat ketika dia berusia 17 tahun. Dia mengatakan ini karena dia dilahirkan di rumah, bukan di rumah sakit atau klinik. Dia tidak bisa memberikan rincian lebih lanjut.

Dia mengatakan dia bersekolah di rumah secara eksklusif di dalam kompleks keluarga tempat mereka juga memelihara babi. Namun, dia tidak dapat mengingat nama organisasi sekolah asalnya dan hanya menyebutkan salah satu gurunya.

Memiliki Akar Keluarga yang Belum Jelas

Dia mengatakan ayahnya adalah orang Filipina, namun dalam catatan bisnis, ayahnya diidentifikasi sebagai warga negara China.

“Banyak yang bertanya, siapakah Alice Guo?” katanya dalam pidato kampanye tahun 2022, menurut penyiar Manila GMA News.

“Saya Alice Guo dari Bamban. Ibu saya orang Filipina, ayah saya orang China,” katanya dalam bahasa Tagalog.

Hontiveros termasuk di antara mereka yang menanyai Guo tentang catatan kelahiran dan pendidikannya. Ketika dia mendesak walikota untuk menjelaskan lebih spesifik, dia hanya mendapat jawaban "Saya akan menghubungi Anda kembali".

Mungkin jawaban Guo adalah, terutama latar belakangnya,” kata Hontiveros kepada wartawan.

“Apakah Walikota Alice, dan orang-orang seperti dia dengan latar belakang misterius, bekerja sebagai aset bagi Tiongkok? Ditanam di negara kita sehingga mereka dapat mempengaruhi politik Filipina?” dia berkata.

“Sulit dipercaya Walikota Bamban Alice Guo, ketika jawabannya atas pertanyaan kami selalu 'Saya tidak tahu' dan dia bahkan tidak ingat di mana dia tinggal,” kata Senator Sherwin Gatchalian, yang juga hadir dalam sidang tersebut.

Guo belum mengomentari tuduhan mata-mata tersebut dan menghindari wawancara media sejak kemunculannya di Senat pekan lalu.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0807 seconds (0.1#10.140)