Gertak AS, China Uji Coba Rudal Balistik Antarbenua

Rabu, 25 September 2024 - 17:34 WIB
loading...
Gertak AS, China Uji...
China uji coba rudal balistik antarbenua. Foto/Xinhua
A A A
BEIJING - China mengklaim telah menguji peluncuran rudal balistik antarbenua (ICBM) ke Samudra Pasifik.

ICBM, yang membawa hulu ledak tiruan, diluncurkan oleh Pasukan Roket Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) pada pukul 8.44 pagi (00:55 GMT) pada Rabu (25/9/2024) ke wilayah laut yang diperkirakan.

Kementerian Pertahanan China mengungkapkan bahwa peluncuran tersebut merupakan “pengaturan rutin dalam rencana pelatihan tahunan kami” dan tidak ditujukan ke negara atau target mana pun.

Mereka tidak menyebutkan nama senjata yang diuji, meskipun salah satu ICBM terbarunya adalah DF-41, yang dipamerkan selama perayaan untuk menandai 70 tahun Republik Rakyat China pada tahun 2019 dan memiliki jangkauan antara 12.000 dan 15.000 km.



Kantor berita pemerintah Xinhua melaporkan bahwa negara-negara terkait telah diberi tahu sebelum pengujian tersebut. Tidak dijelaskan secara rinci jalur rudal atau di mana tepatnya rudal itu jatuh.

Peluncuran tersebut "secara efektif menguji kinerja senjata dan peralatan serta tingkat pelatihan pasukan, dan mencapai tujuan yang diharapkan", lapor Xinhua.

Pasukan Roket PLA, yang mengawasi rudal konvensional dan nuklir negara itu, telah ditugaskan untuk memodernisasi pasukan nuklir China di tengah peningkatan pertahanan rudal Amerika Serikat, kemampuan pengawasan yang lebih baik, dan aliansi yang diperkuat.

Oktober lalu, Washington mengatakan China mengembangkan persenjataan nuklirnya lebih cepat dari yang diantisipasi AS.

China memiliki lebih dari 500 hulu ledak nuklir operasional pada Mei 2023 dan kemungkinan akan memiliki lebih dari 1.000 pada tahun 2030.
(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0917 seconds (0.1#10.140)