Zelensky Salahkan Seluruh Dunia atas Kegagalan Ukraina Melawan Rusia di Kharkiv

Jum'at, 17 Mei 2024 - 07:21 WIB
loading...
A A A
Presiden juga mengeluh bahwa pendanaan yang telah disetujui oleh AS untuk Kyiv tidak sampai ke negara tersebut dan malah dihabiskan di pabrik-pabrik Amerika, sehingga menciptakan lapangan kerja di Amerika.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, yang mengunjungi Kyiv minggu ini, meyakinkan para pemimpin Ukraina bahwa Washington secara aktif dan mendesak mencoba menyediakan sistem pertahanan udara Patriot senilai miliaran dolar untuk Ukraina.

Bulan lalu, Zelensky bersikeras bahwa Ukraina membutuhkan 25 baterai semacam itu tetapi kemudian merevisi jumlah tersebut menjadi setidaknya tujuh.

Setiap baterai Patriot terdiri dari pembangkit listrik, radar dan stasiun kendali, peluncur rudal yang dipasang di truk, dan kendaraan pendukung, dan menelan biaya sekitar USD1 miliar.

Ukraina saat ini diyakini memiliki setidaknya tiga sistem Patriot, salah satunya ditempatkan di dekat ibu kota.

Tahun lalu, salah satu baterai ini dilaporkan rusak atau hancur akibat serangan rudal hipersonik Rusia.

Sementara itu, Moskow telah berulang kali menyatakan bahwa sistem senjata Barat sebanyak apa pun tidak dapat mengubah hasil konflik yang tak terelakkan, dan telah memperingatkan bahwa terus mempersenjatai Ukraina hanya akan memperpanjang pertumpahan darah dan meningkatkan risiko konfrontasi langsung antara Rusia dan NATO.
(mas)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1021 seconds (0.1#10.140)