Gertak Barat, Rusia Kerahkan Rudal Antarbenua Bulava yang Bisa Bawa 10 Hulu Ledak Nuklir

Rabu, 15 Mei 2024 - 14:28 WIB
loading...
A A A
Kementerian Pertahanan Rusia sebelumnya telah membagikan klip rudal-rudal baru yang mengesankan yang ditembakkan dari silo kapal selam di Lingkaran Arktik sebelum melesat ke udara dan terbang dengan kecepatan mengejutkan dalam pengujian yang dilakukan pada tahun 2019.

Solomonov, kepala perancang misil di Institute of Thermal Engineering Moskow yang membuat Bulava, juga bertanggung jawab mengembangkan rudal balistik antarbenua Topol-M dan Yars Rusia yang telah lama menjadi tulang punggung senjata nuklir Rusia.

Putin telah memperingatkan negara-negara Barat sejak dimulainya perang di Ukraina bahwa intervensi langsung pasukan NATO di sana dapat memicu konflik nuklir.

Pada bulan Maret, dia mengatakan dia tidak percaya Amerika Serikat “terburu-buru” melakukan hal itu, namun kekuatan nuklir Rusia siap menghadapi segala kemungkinan.

Berita bahwa kapal selam kelas Borei Rusia telah dilengkapi dengan rudal Bulava muncul ketika mantan presiden Rusia Dmitry Medvedev terlibat dalam perseteruan yang lebih sengit—dan mengejek Menteri Luar Negeri Inggris David Cameron.

Medvedev—yang menjadi presiden Rusia ketika David Cameron menjadi perdana menteri pada tahun 2010—memperingatkan Menteri Luar Negeri Inggris tersebut bahwa dia mempertaruhkan konflik nuklir karena dukungannya kepada Ukraina bahwa Kyiv dapat menggunakan rudal Inggris untuk menargetkan wilayah Rusia.

Dia mengejek Cameron karena berusaha “bertarung dengan Putin sampai akhir yang pahit” dan mencapnya sebagai “orang bodoh” atas komentarnya.

Cameron sebelumnya mengatakan bahwa Ukraina bebas memutuskan bagaimana menggunakan senjata yang dipasok Inggris.

“Dalam pandangan kami, tindakan yang dilakukan Ukraina adalah keputusan mereka tentang bagaimana menggunakan senjata-senjata ini, mereka membela negara mereka, mereka diserang secara ilegal oleh Putin dan mereka harus mengambil langkah-langkah tersebut,” katanya.

Hal ini tampaknya mengubah pemahaman bahwa rudal jarak jauh Barat akan digunakan di wilayah Ukraina yang diduduki Rusia, namun tidak untuk menyerang wilayah Rusia.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1059 seconds (0.1#10.140)