Air Force One Pembawa Trump Hampir Tabrakan dengan Pesawat Nirawak

Rabu, 19 Agustus 2020 - 00:15 WIB
loading...
Air Force One Pembawa Trump Hampir Tabrakan dengan Pesawat Nirawak
Presiden Amerika Serikat Donald John Trump dan Ibu Negara Melania Trump saat turun dari pesawat kepresidenan AS; Air Force One. Foto/REUTERS/Leah Millis
A A A
WASHINGTON - Pesawat Kepresidenan Amerika Serikat (AS); Air Force One , dengan Presiden Donald Trump di dalamnya hampir bertabrakan dengan objek terbang yang diyakini sebagai pesawat nirawak atau drone. Kejadian itu berlangsung sebelum pesawat presiden mendarat di Pangkalan Udara Andrews di Maryland pada hari Minggu (16/8/2020).

Angkatan Udara AS mengaku sedang menyelidiki kejadian tersebut. "Airlift Wing ke-89 mengetahui laporan tersebut dan masalah tersebut sedang ditinjau," kata Angkatan Udara AS dalm sebuah pernyataan singkat pada hari Senin (17/8/2020).

Menurut pernyataan tersebut, Air Force One Boeing C-32A model 757 mendarat dengan selamat tanpa insiden. (Baca: Pesawat China Terjun 5.564 Meter dalam 2 Menit, Semua Selamat )

Kejadian yang berpotensi menjadi bencana udara itu pertama kali dilaporkan oleh jurnalis AFP; Sebastian Smith, yang berada di dalam pesawat tersebut. "Saat turun, kami terbangtepat di atas benda kecil, sangat dekat dengan pesawat presiden, perangkat itu
menyerupai drone," tulis Smith di Twitter.

Jurnalis lain di dalam pesawat presiden juga mencatat kejadian tersebut. Beberapa penumpang lain juga melihat objek terbang itu.

Mwngutip laporan The Drive pada Selasa (18/8/2020), meskipun kejadian serupa jarang terjadi pada Air Force One , militer AS telah mencatat lusinan pertemuan serupa dalam beberapa tahun terakhir termasuk dengan sejumlah pesawat misterius yang masih belumteridentifikasi. (Baca juga: Komedian AS Kerjain Trump di Air Force One via Telepon )

Wilayah udara di atas Andrews juga telah menjadi lokasi kejadian akhir-akhir ini, salah satunya helikopter Angkatan Udara AS terpaksa melakukan pendaratan darurat pekan lalu setelah seorang anggota awak terkena peluru di tengah misi pelatihan rutin ke bandara terdekat di Virginia. Agen federal masih menyelidiki insiden itu.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1363 seconds (0.1#10.140)