Kesal, Macron Sebut Inggris Pecundang

Sabtu, 19 Januari 2019 - 01:16 WIB
Kesal, Macron Sebut Inggris Pecundang
Kesal, Macron Sebut Inggris Pecundang
A A A
PARIS - Presiden Prancis Emmanurl Macron mengecam kegagalan Inggris menegosiasikan kepergiannya dari Uni Eropa. Ia lantas menyebut propaganda yang mendukung keputuan Brexit sebagai sebuah kebohongan.

Menunjukkan bahwa tidak adanya kesepakatan Brexit hanya akan membahayakan negara kepulauan itu, Macron mengatakan bahwa yang pertama kalah adalah orang-orang Inggris salam sebuah video yang diposting oleh surat kabar Inggris The Guardian. Ia menjelaskan bahwa dalam skenario terburuk ini, tidak akan ada periode transisi dan Inggris akan akan menderita secara ekonomi, kemungkinan menghadapi kekurangan makanan yang dramatis karena supermarket di Inggris saat ini mengimpor 70 persen produk mereka dari Uni Eropa.

Menyalahkan referendum pada 2016, yang nyaris berlalu ketika 51,9 persen pemilih Inggris mendukung Brexit, Macron mengatakan seluruh proses telah "dimanipulasi."

"Dimanipulasi dari luar oleh banyak hal yang kita sebut berita palsu," kata presiden Prancis, dengan alasan bahwa segalanya dan apapun dikatakan seperti dikutip dari Newsweek, Sabtu (19/1/2019).

"Itu tidak benar," katanya, seraya menambahkan bahwa orang-orang Inggris telah dibohongi dan mengatakan bahwa apa yang telah mereka pilih itu tidak mungkin.

Perdana Menteri Inggris Theresa May menghadapi kekalahan mengejutkan 432-202 di Parlemen minggu ini, terkait negosiasi kesepakatan Brexit dengan Uni Eropa. Media Inggris menyebutnya sebagai kekalahan parlemen terbesar dalam sejarah modern.

Meskipun May menghadapi pemungutan suara untuk "mosi tidak percaya" setelah kegagalan itu, dia selamat dan sekarang berencana untuk bertemu dan bernegosiasi dengan politisi yang menentang kesepakatannya.

Namun, Macron berargumen dalam komentarnya bahwa akan sulit untuk menyesuaikan apa pun dari perspektif Uni Eropa, karena serikat pekerja telah membuat kompromi yang signifikan. Menurut Euro News, Perdana Menteri Prancis Edouard Philippe mengatakan bahwa Brexit tanpa kesepakatan terlihat "semakin tidak mungkin."

Baca: Prancis Luncurkan Rencana Brexit Tanpa Perjanjian

Negosiator Brexit Uni Eropa, Michel Barnier mengatakan, benua itu "terbuka" untuk menegosiasikan hubungan yang melampaui perdagangan bebas. Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas juga mengatakan negaranya akan "melakukan segalanya" sehingga Inggris keluar dengan dan bukan tanpa kesepakatan."
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5009 seconds (0.1#10.140)