Senator AS Gunakan Pakaian Khas Palestina Saat Upacara Pelantikan

Jum'at, 04 Januari 2019 - 18:17 WIB
Senator AS Gunakan Pakaian Khas Palestina Saat Upacara Pelantikan
Senator AS Gunakan Pakaian Khas Palestina Saat Upacara Pelantikan
A A A
WASHINGTON - Anggota Kongres Amerika Serikat (AS), Rashida Tlaib, mengenakan pakaian tradisional Palestina, atau thobe, saat upacara pelantikan dan sumpah jabatan sebagai anggota Kongres.

Thobe yang dikenakan Rashida menampilkan sulaman yang dirajut dengan jahitan tangan yang dikenal sebagai tatreez. Kerajinan tatreez adalah seni rakyat yang telah dipraktekkan oleh wanita Palestina selama berabad-abad.

Menurut The Institute for Middle East Understanding, seperti dilansir Anadolu Agency pada Jumat (4/1), ibu dan nenek dari keluarga Palestina biasa mewariskan desain dengan berbagai motif dan warna yang terkait dengan berbagai kota dan desa Palestina.

Bulan lalu, Rashida dalam sebuah artikel yang dia tulis dan dipublikasian di majalah gaya hidup terna,a, Elle, mengatakan bahwa dia tumbuh besar menyaksikan ibunya menjahit gaun jenis ini.

"Sepanjang karir saya dalam pelayanan publik, penduduk yang saya miliki memiliki hak istimewa untuk memperjuangkan siapa saya sebenarnya, terutama akar Palestina saya. Ini yang ingin saya bawa ke Kongres AS, sebuah tampilan yang tanpa penyesalan dari jalinan orang-orang di negara ini," tulisanya kala itu.

Selain menggunakan pakaian khas Palestina, Rashida juga mengenakan jilbab untuk upacara sumpah jabatan, yang merupakan yang pertama bagi Kongres karena mereka sebelumnya telah melarang segala jenis hiasan atau penutup kepala.

Rashida menjadi wanita Palestina pertama yang terpilih menjadi anggota Kongres AS. Dia bergabung dengan Ilhan Omar, yang menjadi wanita Muslim pertama yang terpilih anggota legislatif.

Keduanya mengambil sumpah jabatan sembari memegang al-Quran, dengan Rashida menggunakan salinan pribadi dan ilhan menggunakan salinan kakeknya.

"Sebagai seorang anak, saya bertindak sebagai penerjemah kakek saya di kaukus kami, dan dialah yang pertama kali memicu minat saya dalam politik. Saya berharap dia bisa berada di sini untuk menyaksikan momen bersejarah ini, tetapi dia ada di sini dalam semangat ketika saya meletakkan tangan saya pada Al-Qurannya untuk upacara penyumpah," kata Ilhan, melalui akun Twitternya, jelang sumpah jabatan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3713 seconds (0.1#10.140)