Apa Pemicu Kehancuran Amerika Serikat?

Minggu, 28 Januari 2024 - 21:01 WIB
loading...
Apa Pemicu Kehancuran Amerika Serikat?
AS akan segera hancur karena jumlah utang yang terus menumpuk. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) sedang menuju bencana karena utang nasional yang besar terus meningkat. Demikian diungkapkan CEO JPMorgan Jamie Dimon dalam sebuah wawancara dengan Fox News awal pekan ini.

Menurut kepala eksekutif bank terbesar di negara tersebut, situasi ini perlu segera ditangani oleh pemerintah sebelum menyebabkan krisis ekonomi yang besar.

“Itu tebing, kita lihat tebingnya,” kata Dimon. “Ini sekitar 10 tahun lagi, kita akan melaju dengan kecepatan 60 mil per jam [menuju hal itu].”

Eksekutif puncak tersebut setuju dengan pandangan mantan Ketua DPR Paul Ryan, yang menyebut utang yang semakin besar sebagai “krisis yang paling dapat diprediksi yang pernah kita alami.” Peringatan tersebut dikeluarkan oleh Ryan dan Dimon saat diskusi panel di Pusat Kebijakan Bipartisan pada = Jumat.

Utang pemerintah federal AS mencapai USD34 triliun untuk pertama kalinya dalam sejarah pada akhir Desember. Sekarang jumlahnya sekitar USD102.000 untuk rata-rata keluarga Amerika yang terdiri dari tiga orang. Pada tahun 2023 saja, jumlahnya tumbuh lebih dari USD4 triliun.



Total utang publik AS kira-kira setara dengan gabungan perekonomian China, Jerman, Jepang, India, dan Inggris, sebagaimana ditunjukkan oleh Peter G. Peterson Foundation, sebuah kelompok kebijakan fiskal non-partisan di New York.

Awal pekan ini, Menteri Keuangan AS Janet Yellen mengatakan bahwa tingkat absolut utang publik AS tampak seperti “angka yang menakutkan.”

“Sejauh ini, [utang pemerintah] cukup terkendali,” katanya. Dia menyerukan langkah-langkah “untuk memastikan defisit kita turun dan tetap pada tingkat yang terkendali.”

Melansir RT, jumlah besar tersebut terdiri dari utang pemerintah federal kepada kreditor, termasuk individu, seperti warga negara dan investor asing, serta negara bagian atau dana besar. Washington terus meminjam uang untuk menutupi defisit anggaran yang telah berjalan selama lebih dari 20 tahun.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0839 seconds (0.1#10.140)