alexametrics

Ratusan Orang Mengungsi Akibat Serangan Militan di Timur Laut Nigeria

loading...
Ratusan Orang Mengungsi Akibat Serangan Militan di Timur Laut Nigeria
Ratusan orang mengungsi akibat serangan kelompok militan di timur laut Nigeria. Foto/Ilustrasi/Istimewa
A+ A-
MAIDUGURI - Ratusan orang di timur laut Nigeria melarikan diri dari kota yang menjadi sasaran gerilyawan yang memiliki hubungan dengan Negara Islam. Mereka mengungsi ke Ibu Kota negara bagian Borno.

Terjadi peningkatan serangan oleh para militan Islam dan pergolakan di wilayah jelang pemilu di mana Presiden Muhammadu Buhari mengincar masa jabatan keduannya. Keamanan telah menjadi masalah kampanye setelah serangkaian serangan.

Sebuah faksi Boko Haram, Negara Islam di Afrika Barat (ISWA), yang memisahkan diri dari kelompok pemberontak itu pada tahun 2016 mengklaim bertanggung jawab atas serangan di sebuah pangkalan militer di Baga, sebuah kota di negara bagian Borno timur, yang dikatakan oleh pasukan Nigeria berlangsung pada Rabu malam.



Peperangan untuk mengendalikan Baga - sebuah kota strategis karena berbatasan dengan Nigeria, Niger, Chad dan Kamerun - memaksa ratusan orang untuk mencari keselamatan di Maiduguri, sekitar 200 km di selatan.

Saksi setempat melihat ratusan orang tiba di Maiduguri dan berkumpul di terminal bus di pinggiran kota.

"Di Baga, kami berada di tangan Boko Haram karena kemarin mereka berkeliling dengan (senjata) mesin dan motor mereka," kata penduduk Baga, Abdul Kami, menggambarkan serangan di kota itu seperti dilansir dari Reuters, Minggu (30/12/2018).

Penduduk setempat pada hari Jumat mengatakan sedikitnya 10 orang tewas dalam serangan di Baga.

Pemberontakan Boko Haram, yang Buhari bersumpah untuk mengakhiri ketika ia menjabat pada tahun 2015, bertujuan untuk menciptakan negara Islam di timur laut Nigeria. Pemberontakan ini telah memaksa sekitar 2,7 juta orang meninggalkan rumah mereka sejak 2009 dan menewaskan sekitar 30.000.

Militer dan pemberontak juga bentrok di Monguno, sebuah kota di otoritas pemerintah setempat yang berdekatan dengan Baga.
halaman ke-1 dari 2
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak