Bagaimana Skenario Lanjutan Perang Iran dan Israel?

Kamis, 25 April 2024 - 21:50 WIB
loading...
A A A

2. Saat yang Buruk untuk Eskalasi Ketegangan

Bagaimana Skenario Lanjutan Perang Iran dan Israel?

Foto/AP

Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei dipandang berada dalam kesulitan. Ada asumsi luas bahwa ia ingin melakukan pembalasan secara nyata, tidak hanya untuk membalas pembunuhan para pejabat senior tetapi juga karena jika tidak melakukan hal tersebut akan mencoreng kredibilitas Iran sebagai kekuatan regional.

Tapi sekarang bukan saat yang tepat. Wilayah ini telah berkobar sejak dimulainya perang Gaza, menyusul serangan Hamas pada tanggal 7 Oktober di Israel, yang menewaskan lebih dari 1.100 warga Israel, dan respons brutal pemerintah Israel, yang sejauh ini telah menewaskan lebih dari 33.100 warga Palestina dan mendorong Gaza ke dalam kondisi kelaparan.

3. Memperluas Konflik dengan Mendukung Hizbullah di Lebanon

Bagaimana Skenario Lanjutan Perang Iran dan Israel?

Foto/AP

Sejak bulan Oktober, kekerasan saling balas yang kejam telah terjadi di sepanjang perbatasan Israel-Lebanon, telah terjadi serangkaian serangan panjang terhadap pasukan AS di Suriah dan Irak, dan pelayaran di Laut Merah telah terganggu oleh serangan rudal dan pesawat tak berawak Houthi.

Meskipun metode dan target berbeda dari satu negara ke negara lain, semua serangan ini mendapat dukungan Iran dan semuanya bertujuan untuk menekan para pemimpin Israel dan AS agar menghentikan perang di Gaza.

Meskipun Iran mungkin bersedia menoleransi risiko perang regional yang tidak disengaja, Iran telah berulang kali menunjukkan bahwa mereka tidak menginginkan konflik langsung dengan Israel atau AS dan akan berusaha untuk menghindari konflik tersebut.

Ketika kelompok yang didukung Iran membunuh tiga tentara AS di Yordania awal tahun ini, Washington membalas dengan serangan udara ke Suriah dan Irak.

Teheran sepertinya mundur: Komandan Pasukan Quds Esmail Qaani dilaporkan mengatakan kepada faksi pro-Iran di Irak untuk berhenti menargetkan pasukan AS. Sejak saat itu, mereka sebagian besar mengirimkan drone untuk menyerang Israel, namun dampaknya kecil.

Namun kegagalan untuk memberikan tanggapan – atau hanya memberikan tanggapan melalui tindakan proksi yang sederhana – tampaknya bukan merupakan pilihan bagi Teheran, mengingat bahwa Teheran telah secara terbuka berkomitmen untuk membalas serangan konsulat.

Khamenei mengatakan “orang-orang pemberani” Iran akan menghukum Israel, salah satu penasihatnya telah memperingatkan bahwa kedutaan besar Israel “tidak lagi aman”, dan dua pejabat baru-baru ini mengatakan kepada New York Times bahwa mereka akan membalas langsung terhadap Israel, untuk memulihkan pencegahan.

4. Tidak Mewujudkan Ancaman

Bagaimana Skenario Lanjutan Perang Iran dan Israel?

Foto/AP
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1682 seconds (0.1#10.140)