Bagaimana Hubungan Iran Israel sebelum Perang?

Rabu, 24 April 2024 - 21:21 WIB
loading...
A A A
Sementara itu, Arab Saudi, negara besar lainnya di kawasan ini, tahun ini memulihkan hubungan diplomatik dengan Iran setelah keretakan selama tujuh tahun menyusul perjanjian yang ditengahi oleh Tiongkok pada bulan Maret.

AS telah berusaha menengahi kesepakatan serupa antara Arab Saudi dan Israel. Prospek normalisasi antara Tel Aviv dan Riyadh telah tertunda, setidaknya untuk saat ini, karena Israel terus mengebom Gaza, yang telah menyebabkan mimpi buruk kemanusiaan dan menewaskan hampir 10.000 orang, sepertiga dari mereka adalah anak-anak.

Namun bagi Iran saat ini, pemulihan hubungan dengan Israel adalah hal yang mustahil.

Parsi mengatakan pentingnya keamanan bersama yang pada dekade-dekade sebelumnya telah menyebabkan keduanya menjadi sekutu, termasuk ancaman dari negara-negara nasionalis Arab dan kekaisaran Soviet, lenyap pada awal tahun 1990-an.

Teheran menentang hegemoni AS di Timur Tengah sementara Israel secara konsisten menolak segala upaya Washington untuk memulangkan pasukan Amerika dari wilayah tersebut. Kelompok-kelompok yang terkait dengan Iran secara teratur menyerang pangkalan-pangkalan AS di Irak dan Suriah.

Ini adalah “persaingan untuk mendapatkan dominasi dan kekuasaan di kawasan ini, kedua negara telah terlibat dalam perang tingkat rendah selama lebih dari satu dekade,” kata Parsi.

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1314 seconds (0.1#10.140)