Bagaimana Hubungan Iran Israel sebelum Perang?

Rabu, 24 April 2024 - 21:21 WIB
loading...
A A A
Segalanya berubah setelah Mohammad Mosaddegh menjadi perdana menteri Iran pada tahun 1951 ketika ia mempelopori nasionalisasi industri minyak negara tersebut, yang dimonopoli oleh Inggris. Mosaddegh memutuskan hubungan dengan Israel, yang menurutnya melayani kepentingan Barat di wilayah tersebut.

Menurut Kvindesland, upaya Mosaddegh dan organisasi politik Front Nasionalnya untuk menasionalisasi minyak, mengusir kekuasaan kolonial Inggris, dan melemahkan monarki adalah cerita utama Iran saat itu. Hubungannya dengan Israel merupakan “kerusakan tambahan”, katanya.

“Ada mobilisasi anti-Zionis di Iran. Ada [ulama Syiah yang berpengaruh] Navvab Safavi, salah satu tokoh paling terkenal yang melakukan propaganda keras menentang Zionisme dan pendirian Israel. Namun bagi Mosaddegh, tujuan utamanya adalah mendapatkan dukungan dari negara-negara Arab di sekitarnya untuk memerangi kendali Inggris atas industri minyak,” kata Kvindesland kepada Al Jazeera.

Zionisme muncul sebagai ideologi politik pada akhir abad ke-19 yang menyerukan pembentukan tanah air untuk orang Yahudi yang menghadapi kekejaman di Eropa.

Segalanya berubah secara dramatis ketika pemerintahan Mosaddegh digulingkan dalam kudeta yang diorganisir oleh badan intelijen Inggris dan Amerika Serikat pada tahun 1953. Kudeta tersebut mengangkat kembali Syah yang menjadi sekutu setia Barat di wilayah tersebut.

Israel mendirikan kedutaan de facto di Teheran, dan akhirnya keduanya bertukar duta besar pada tahun 1970an. Hubungan perdagangan tumbuh, dan Iran segera menjadi penyedia minyak utama bagi Israel, dengan keduanya membangun jaringan pipa yang bertujuan mengirim minyak Iran ke Israel dan kemudian Eropa.

Teheran dan Tel Aviv juga memiliki kerja sama militer dan keamanan yang luas, namun sebagian besar dirahasiakan untuk menghindari provokasi negara-negara Arab di kawasan.

“Israel membutuhkan Iran lebih dari Iran membutuhkan Israel. Israel selalu menjadi pihak yang proaktif, namun Syah juga menginginkan cara untuk meningkatkan hubungan [Iran] dengan AS, dan pada saat itu Israel dipandang sebagai cara yang baik untuk mencapai tujuan tersebut,” kata Kvindesland.

“Ada juga prospek untuk membangun aparat keamanan, dan SAVAK [dinas keamanan dan intelijen Iran] sebagian dilatih oleh Mossad. Ini adalah hal-hal yang bisa diperoleh Iran dari negara lain, namun Israel ingin menyediakannya karena mereka membutuhkan mitra di Timur Tengah yang cukup anti-Zionis dan anti-Israel.”

Sejarawan tersebut mengatakan bahwa Shah terutama didorong oleh kebutuhan akan aliansi, keamanan dan perdagangan, dan “tidak menunjukkan kepedulian terhadap Palestina dalam hubungannya dengan Israel.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0892 seconds (0.1#10.140)