Bos CIA Prediksi Ukraina Bisa Kalah Total Tahun Ini

Sabtu, 20 April 2024 - 10:25 WIB
loading...
Bos CIA Prediksi Ukraina Bisa Kalah Total Tahun Ini
Tentara Ukraina yang terluka dibantu rekannya di medan perang. Foto/AP
A A A
WASHINGTON - Pertahanan Ukraina bisa benar-benar runtuh di bawah serangan Rusia pada awal tahun ini kecuali Amerika Serikat (AS) menyetujui paket bantuan baru untuk Kiev, klaim Direktur CIA William Burns.

Komentarnya muncul setelah Ketua DPR AS Mike Johnson mengumumkan majelis akan melakukan pemungutan suara mengenai tindakan yang telah lama tertunda pada akhir pekan ini.

Berbicara di Forum Kepemimpinan 2024 di Bush Center pada hari Kamis (18/4/2024), Burns menekankan pentingnya Amerika menyetujui paket bantuan keamanan senilai USD61 miliar untuk Ukraina.

RUU tersebut telah tertahan selama berbulan-bulan di Kongres karena oposisi dari Partai Republik menuntut lebih banyak upaya untuk meningkatkan keamanan di perbatasan Meksiko.

Burns mendesak anggota parlemen memecahkan kebuntuan bantuan secepat mungkin. “Dengan dorongan yang akan datang dari bantuan militer baik secara praktis maupun psikologis, Ukraina sepenuhnya mampu bertahan hingga tahun 2024 dan mematahkan pandangan arogan Putin bahwa waktu ada di pihaknya,” klaim dia.

“Namun, Ukraina akan menghadapi kesulitan yang luar biasa jika dibiarkan begitu saja oleh Barat,” tegas kepala CIA.

Dalam pandangannya, “Ada risiko yang sangat nyata bahwa Ukraina akan kalah di medan perang pada akhir tahun 2024 atau setidaknya menempatkan Moskow pada posisi yang dapat mendikte syarat-syarat penyelesaian politik.”



Direktur CIA juga berargumentasi kegagalan mendukung Kiev akan mempunyai konsekuensi yang akan berdampak luas di luar Eropa.

Burns percaya kampanye Barat yang kuat untuk membantu Ukraina telah meyakinkan China untuk tidak terlalu serius dalam mencapai ambisi regionalnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1104 seconds (0.1#10.140)